Tanya Dokter

  • Ciri-ciri mata minus dan solusi penanganannya

  • Assalamualaikum dok saya mau nanya mata saya melihat rambu2 lalu lintas jarak 100-60 meteran itu sudah ngeblur dan apabila nonton tv dg waktu 1 jam'an itu sudah membuat mata saya lelah(nge blur) apakah mata saya mengalami rabun jauh atau rabun dekat dok? bagaimana cara mengatasinya? adakah obat alami/tips alami menyembuhkannya jika menggunakan kaca mata harus memakai kaca mata berapa -dan+ nya ? trimakasih dok

    Hai,

    Mata buram paling sering diakibatkan oleh rabun jauh / myopia. Rabun dekat / hypermetropia juga akan buram saat melihat jauh, namun kejadian rabun dekat lebih sedikit daripada rabun jauh.

    Rabun jauh dan rabun dekat merupakan kelainan tajam penglihatan yang disebabkan oleh gangguan refraksi (pembelokkan cahaya) oleh lensa mata. Normalnya, bayangan / cahaya yang masuk ke dalam bola mata akan dibiaskan/dibelokkan oleh lensa mata sedemikian rupa sehingga bayangannya akan jatuh tepat di retina. Pada rabun jauh dan rabun dekat, bayangan ini jatuh di depan atau di belakang retina, sehingga penglihatannya akan buram.

    Pengobatan yang tersedia untuk kasus rabun jauh atau rabun dekat ialah koreksi refraksi, misalnya dengan kacamata, lensa kontak atau operasi LASIK. Belum ada pengobatan / obat herbal / obat minum / suntik yang bisa memperbaiki gangguan refraksi pada rabun jauh dan rabun dekat.

    Tidak semua mata buram disebabkan oleh rabun jauh/dekat; keluhan bisa juga disebabkan oleh mata kering, silinder, radang kornea, glaukoma, radang selaput pelangi dan kelainan di retina. Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Spesialis Mata (Sp. M). Jika diagnosis rabun jauh/dekat sudah tegak, Dokter dapat melanjutkan dengan pemeriksaan tajam penglihatan dan dengan demikian dapat ditentukan juga lensa positif atau minus berapa yang sesuai untuk memperbaiki tajam penglihatan Anda.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma