Tanya Dokter

  • Mata Minus

  •  Cicikuus
    Anggota
    Dok,saya habis ganti lensa yang kanan -3 yang kiri -2.5 tapi kok pas pakek kacamata semua obyek jadi melengkung ya, dan ini baru 1 jam rasanya ada pusingnya sedikit. Minum sebelum ganti yang kanan & kiri -1.75 sama -2.15. Sekarang saya harus gimana dok?

    Halo Cicikuus......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa mata minus atau rabun jauh yang dalam bahasa medis disebut sebagai miopia merupakan kondisi dimana seseorang kesulitan melihat benda jarak jauh.

    Gejala dari mata minus sendiri diantaranya adalah : kesulitan pada saat melihat sesuatu dari jarak jauh === namun jelas pada saat melihat dari jarak dekat, memicingkan mata pada saat melihat sesuatu, mata terasa tegang, sakit kepala, mata sering berkedip, mata terasa lelah, dll.

    Penanganan pada mata minus yang paling sederhana dan efektif adalah dengan menggunakan kaca mata, akan tetapi dapat pula menggunakan lensa kontak. Pemeliharaan kacamata lebih mudah dibandingkan dengan lensa kontak.

    Melengkungnya objek yang Anda lihat pada saat Anda menggunakan kacamata kemungkinan disebabkan oleh karena lensa kacamata Anda yang tebal, sehingga pada bagian tepi kacamata terjadi distorsi penglihatan. 

    Pusing yang ditimbulkan karena penggunaan kacamata baru, dan dapat juga disertai dengan mual --- muntah, limbung, dll. dapat dikatakan wajar. Hal ini terjadi karena proses adaptasi mata terhadap lensa yang baru. Namun apabila pusing tidak kunjung hilang, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera kembali menemui Tempat pembuatan kacamata Anda sehingga dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    MATA MINUS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati