Tanya Dokter

  • Penyebab selisih mata minus cukup besar

  •  richapebriana
    Anggota

    selamat siang dok..

    saya mau tanya dok, kalau mata minus dengan selisih yang cukup banyak penyebabnya apa ya dok? mata sebelah kiri minus 2,5 dan kanan 0,5 dok, pada saat saya memakai kacamata dan saya mencoba menutup mata sebelah kanan dan melihat dengan mata sebelah kiri masih buram dan kurang jelas untuk melihat seperti membayang-bayang untuk melihat. untuk mata sebelah kanan saya coba seperti mata kiri tadi juga agak kurang jelas untuk membaca dan melihat. Apakah ada kelainan dari mata minus saya dok?
    mohon petunjuknya. terima kasih 

    Halo

    Kelainan refraksi yang terlalu jauh perbedaannya di antara kedua mata dikenal dengan istilah anisometropia. Kondisi ini akan menyebabkan mata/penglihatan sulit fokus dan tidak jarang menyebabkan mata cepat lelah. Penyebabnya berkaitan dengan perbedaan bentuk, ketajaman, atau ukuran dari masing-masing mata.

    Anisometropia dapat dikenali melalui pemeriksaan langsung oleh dokter mata. Penanganannya nantinya dimulai dengan koreksi lensa kaca mata masing-masing mata. Pilihan operasi juga ada namun untuk lebih lengkapnya sebaiknya Anda konsultasikan secara langsung dengan dokter spesialis mata.

    Pada anak-anak, anisometropia yang tidak tertangani dengan segera dapat menyebabkan ambliopia "lazy eye". Jika telah ambliopia maka sulit dicapat penglihatan normal pada anak.

    Diskusi berikut ini berkaitan dengan topik Anda

    Anisometropia

    Semoga bermanfaat

    dr. Muhammad Fadhil