Tanya Dokter

  • Penanganan mata minus 8

  • Selamat pagi dok... saya mau tanya kan gini ya adik saya umur 17 thn minus matanya udah 8 nah apakah bisa disembuhkan dok ? atau adakah cara untuk mengurangi minusnya dan hal-hal apa yang perlu dihindari agar minusnya tidak bertambah lagi terus apa pengobatan seperti apa yang harus ditempuh sekian dan terimakasih dok . 😊😊😊

    Halo Iis Fitriyyah,

    Mata minus atau dalam bahasa medis disebut miopia adalah suatu kondisi di mana bayangan objek yang dilihat jatuh tidak tepat pada retina tetapi di depan retina, sehingga penderita kesulitan melihat objek yang jauh. Hal ini terjadi karena gangguan pada salah satu atau beberapa komponen refraksi mata, seperti kelengkungan kornea atau lensa, otot-otot mata, atau ukuran bola mata relatif terlalu panjang. Tingkat mata minus diukur dalam satuan dioptri. Pada kasus adik anda, karena ukuran minus lebih dari 6 dioptri (8 dioptri) maka tergolong sebagai miopia berat. Namun tidak perlu khawatir karena mata minus dapat dikontrol dan dikoreksi, yang paling umum adalah dengan penggunaan kacamata /lensa kontak dengan lensa minus, yang membantu memfokuskan agar bayangan objek yang terlihat jatuh tepat di retina.

    Pada kasus tertentu seseorang dapat mengalami yang disebut miopi progresif, yaitu miopia yang bertambah dengan cepat yang penyebabnya belum banyak diketahui namun diduga dipengaruhi faktor genetik. Mengingat ukuran mata minus adik anda cukup tinggi untuk usia yang relatif muda, tidak menutup kemungkinan mengalami kondisi miopia progresif, sehingga penggunaan kacamata perlu lebih cepat diganti untuk mengikuti pertambahan minus.

    Selain kacamata salah satu penanganan lain adalah dengan operasi LASIK, yaitu menggunakan teknologi laser untuk membentuk ulang kornea. Salah satu syarat dari operasi LASIK adalah berusia 20-40 tahun, karena kurang dari 20 tahun ukuran dan bentuk bola mata cenderung masih dapat berubah. Sebaiknya kondisi adik anda dikonsultasikan dan didiskusikan lebih lanjut dengan dokter spesialis mata untuk mendapatkan pilihan penanganan yang terbaik. 

    Selain itu, beberapa hal yang penting untuk diperhatikan agar mata minus tidak cepat bertambah:

    • Selalu gunakan kacamata yang sesuai ukuran saat beraktivitas
    • Hindari melihat layar gadget/komputer/tv terlalu lama, terlalu dekat, atau sambil berbaring. Berikan jeda saat melihat ke layar.
    • Istirahat yang cukup terutama di malam hari
    • Konsumsi makanan bergizi secara teratur
    • Apabila anda pengguna lensa kontak, perhatikan cara penggunaan yang benar
    • Gunakan kacamata hitam saat terpapar sinar matahari
    • Hindari merokok
    • Kontrol secara berkala ke dokter mata untuk memantau perkembangan mata minus anda

    Untuk menambah wawasan anda dapat membaca membaca artikel berikut: merawat kesehatan mata, terapi mata minus

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Salam, dr. Delvira