Tanya Dokter

  • Mata sayu dan selalu mengantuk

  •  Ade Namikaze
    Anggota

    DOK, SAYA MAU TANYA

    KNP MATA SAYA KALAU DIBUAT UNTUK MELIHAT BAWAANNYA PENGEN MEREM MULU YA?

    Halo,

    Mata sayu dapat digambarkan sebagai mata yang kelopak mata bagian atasnya turun, bagian bawah mata berkantung disertai lingkaran hitam di sekeliling mata. Ataupun pancaran mata yang redup.

    Penyebab mata sayu merupakan efek samping dari gaya hidup kurang sehat dan kebiasaan sehari hari yang berdampak pada kesehatan mata.  Mata sayu menyebabkan seseorang seperti sedang mengantuk atau terlihat seolah olah tidak semangat dalam melakukan aktivitas sehingga kadang mengganggu penampilan fisik secara keseluruhan.

    Mari kita bahas, beberapa penyebab mata sayu, berikut :

    • ·         Kurang tidur di malam hari. Kebutuhan tidur manusia dewasa adalah 6 sampai 8 jam sehari. Bila seseorang tidur malam kurang dari 6 jam akan menyebabkan suplai darah yang membawa oksigen menuju jaringan berkurang dan menyebabkan saraf mata mengalami penurunan fungsinya dan membuat mata terlihat sayu.
    • ·         Asap rokok mengandung radikal bebas, partikel racun asap rokok dapat merusak jaringan mata dan mengganggu kelancaran peredaran darah dan mengiritasi saraf mata sehingga menyebabkan elastisitas dan kekencangan otot mata berkurang dan menyebabkan mata terlihat turun dan sayu.
    • ·         Membaca, menonton TV dan menggunakan komputer terlalu lama menyebabkan radiasi elektromagnetik yang dipancarkan layar dapat menyebabkan mata menderita ketegangan dan merusak jaringan otot dan saraf mata perlahan-lahan. Sehingga mata kehilangan kesegaran sorot mata dan mata mengalami kekenduran otot.
    • ·         Dehidrasi dimana tubuh mengalami kurang cairan. Dehidrasi dapat disebabkan oleh diare, muntah ataupun asupan air minum yang kurang. Dehidrasi menyebabkan produksi air mata ikut menjadi berkurang.
    • ·         Terlalu banyak menangis menyebabkan saraf saraf mata menegang dan otot mata mendapat tekanan untuk terus memproduksi air mata. Pembengkakan dan rasa nyeri akan menyerang dan meninggalkan jejak mata menjadi sembab bengkak, letih dan sayu dalam beberapa jam
    • ·         Kurang asupan zat besi karena kurang mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi terutama zat besi, matanya kan terlihat tidak bersinar dan cenderung sayu. Keadaan ini disebabkan pembuluh darah sekitar jaringan mata menjadi melebar. Pembengkakan yang terjadi memicu menjadi penyebab mata sayu.
    • ·         Faktor usia, ketika seseorang berusia lanjut diatas 50 tahun maka secara alami otot otot mata akan mengalami penurunan dan kendur sehingga merubah bentuk mata semakin menurun dan berkesan sayu.
    • ·         Bentuk mata yang diturunkan dari salah satu atau kedua orangtua yang memiliki karakter bermata sayu. Kondisi ini bukan merupakan tanda dari menurunnya kesehatan mata.

    Berikut beberapa tips untuk mengatasi mata sayu :

    1.    Jalankan Pola Hidup Sehat dengan makan makanan Bergizi SeimbangBerolahraga secara teratur, mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup, dan mengelola stress dengan bijaksana. Hindari asap rokok apalagi menjadi perokok.

    2.    Tidur 6 sampai 8 jam di malam hari.

    3.    Kompres teh dingin. Kantung teh bekas yang direndam dalam air es dan dikompres di kedua mata dapat melancarkan pembuluh darah sekitar mata dan menghilangkan pembengkakan mata akibat kurang tidur atau lelah sehingga mengurangi mata sayu. Menggunakan potongan mentimun juga dapat membantu mata sayu.

    4.    Mengurangi penggunaan layar elektronik. Bila terpaksa harus bekerja di depan layar elektronik lebih dari dua jam perhari, lakukan relaksasi mata dengan cara setiap 20 menit alihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik untuk mengurangi ketegangan pada mata. Atau bisa juga mengistirahatkan mata selama 15 menit tiap 2 jam sekali. Dan jika mata Anda terasa kering, seringlah mengedipkan mata.

    5.    Menggunakan cream untuk meningkatkan elastisitas jaringan mata. Gunakan krim mata sebelum berangkat tidur malam agar mata terlihat lebih segar, kulit di sekitar mara kencang dan terhindar dari mata sembab dan sayu.

     

    Bila dengan saran-saran di atas, keluhan Anda tidak membaik  sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Mata. Dokter akan melakukan tanya jawab medis yang detail, pemeriksaan fisik yang menyeluruh terutama pemeriksaan mata dengan alat khusus. Bila diperlukan Dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang  seperti pemeriksaan darah. Penanganan akan didasarkan pada penyebab munculnya keluhan Anda.

    Anda dapat membaca mengenai Kesehatan Mata dalam artikel Alodokter dengan klik di sini.

     

    Demikian info Kami, semoga membantu Anda.

    Salam, dr. Caecilia.