Tanya Dokter

  • Lensa kontak untuk mata silinder

  •  wulanreksa24
    Anggota

    pagi dok, saya mau nanya, apakah penderita mata silinder boleh menggunakan contact lens dok ? soalnya saya baca-baca klo mata silinder itu kelengkungan korneanya sama rata ? apakah ada contact lens khusus ? terimakasih dok

     

    Halo wulanreksa24......

    Terimakasiha atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, mata silinder atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai astigmatisma, terjadi karena mata tidak bisa memfokuskan bayangan ke titik yang sama pada retina.

    Penyebab dari munculnya astigmatisma yaitu ketidaksempurnaan atau tidak teraturnya ( atau disebut sebagai toric pada kornea ) misalnya akibat faktor bawaanm adanya bekas jaringan parut pada kornea, dan lain sebagainya.

    Seseorang yang menderita mata silinder dapat saja menggunakan lensa kontak, tapi bukan tipe lensa kontak biasa yang dijual bebas di pasaran. Bagi penderita mata silinder, biasanya lensa kontak di desain khusus.

    Berikut ini beberapa jenis lensa kontak khusus mata silinder, diantaranya adalah : toric contact lenses, rigid gas permeable contact lenses, hybrid lenses. Jika Anda tertarik, Anda dapat mendiskusikan masalah ini kepada Dokter Spesialis Mata, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas.

    Salam,

    Dr. Jati