Tanya Dokter

  • Mata tiba tiba buta sebentar

  •  kaikaka
    Anggota

    Selamat mlm dok, sy mau bertanya sudah seminggu ini saya mengalami sakit gigi geraham yg tumbuh, pertamanya mata saya ikut bengkak ( sy tidak tahu apa ada hubungannya atau tidak) tapi sama2 di bagian kiri jd saya kira mgkn pengaruh sakit gigi.. Sampai skrg gigi sy belum sembuh total, mata saya sudah tdk terlihat bengkak diluar tetapi rasanya msh tidak enak seperti besar sebelah pdhl secara tampak tdk ada masalah.. Lalu td malam sy mematikan lampu dan main hp sebentar, kmudian hp saya matikan dan tidur menghadap kiri, tiba2 mata saya yg kiri tidak bs menangkap apapun gelap seketika slama kurang lebih 10 detik.. Apa ini ada hubungannya dgn gigi geraham yg tumbuh dan trmasuk tidak berbahaya atau ini ada penyakit lain dok?? Mohon penjelasan dn jika ada penyakit tolong penyembuhan / pencegahannya..

    Halo,   Apa ini pertama kali Anda mengalami gejala tersebut? Penglihatan mata yang tiba tiba menghilang dan kembali setelah beberapa saat bisa disebabkan karena :

    1. Penurunan tekanan darah yang tiba tiba akibat posisi ( Hipotensi postural ). Terjadi saat posisi berdiri secara mendadak setelah berbaring atau duduk lama. Akan membaik dengan sendirinya.
    2. Amaurosis fugax = kondisi gangguan pada pembuluh, darah atau saraf mata sehingga terjadi kehilangan penglihatan secara mendadak dan biasanya kembali normal jika kondisi penyebab diatasi atau mereda.
    3. Oklusi arteri retina mata.
    4. Stroke pada mata.
    5. Emboli pada mata.
    6. Vaskulitis
    7. Tumor pada daerah belakang mata.
    8. dll.
    Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter mata untuk memastikan penyebab dan juga mengobatinya sehingga memastikan keluhan tidak akan datang kembali. Pemeriksaan ke dokter mata akan meliputi pemeriksaan fisik, tonometri, USG mata, Retinometri dll jika diperlukan untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka kondisi bisa segera diatasi dan diobati agar keluhan tidak kembali datang. Istirahatkan mata Anda jika Anda bekerja banyak menggunakan komputer, istirahat cukup serta pastikan kesehatan mata dengan medical checkup setahun sekali. Baca artikel mengenai Anatomi mata. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi