Tanya Dokter

  • Hasil lab TORCH

  •  Diki Zairin
    Anggota
    Slmt mlm dok, klau hasil lab hsv1 igG, toxo igG, asto, rubella, cmv igG positif maksudnya apa ya dok

    Hi, Selamat Malam Diki

    TORCH Merupakan serangkain pemeriksaan untuk mengetahui adanya antibodi terhadap penyakit Toxoplasma, Rubella, Cystomegalo Virus (CMV), Herpes Simplex Virus (HSV) . Biasanya tes ini dilakukan pada ibu yang akan mengikuti program kehamilan. Pemeriksaan ini biasanya dalam bentuk ig G dan ig M. Ig M merupakan respon awal jika dalam tubuh terinfeksi virus. maka secara alamiah tubuh akan mengeluarkan antibodi IgM untuk melawan infeksi tersebut, namun jika masih bertahan tubuh akan mengeluarkan Ig G.

    Dapat dikatakan jika hasil ig G Toxoplasma positif berarti bisa terinfeksi sekarang atau dulunya pernah terinfeksi sehingga yang tersisa hanya antibodinya. Hasil Ig G Rubella positif berarti  pernah terinfeksi rubella atau imunisasi rubella. Hasil Ig G CMV berarti bisa terinfeksi sekarang atau dulunya pernah terinfeksi. Hasil Ig G HSV berarti pernah terkena HSV dulunya. Untuk interprestasi yang lebih akurat dibutuhkan Hasil Ig M nya.

    Tes ASTO (anti Streptolisin O) merupakan psuatu pemeriksaan darah yang berfungsi untuk mengukur kadar antibodi terhadap bakteri Streptococcus grup A. Tes Asto yang positif menggambarkan bahwa pernah mengalami infeksi streptococcus walaupun bisa saja tanpa gejala namun akan tetap positif selama 2-4 bulan setelah infeksi.

    Semoga Bermanfaat , Salam dr Celleen