Tanya Dokter

  • Transfusi darah setiap hari

  • Dok, saya mau tanya teman dekat saya mengalami transfusi tekan darah rendah setiap harinya 50 sampai 40  dan perhari 30% sel darah merahnya berkurang dan jika mengangis air matanya keluar agak merah dan terkadang lewat hidung juga seperti itu.

    Halo,

    Transfusi darah merupakan metode memberikan darah ke dalam tubuh seseorang yang mengalami kondisi tertentu, sehingga menyebabkan kekurangan darah.

    Penyebab seseorang mengalami kekurangan darah yang sangat cepat dan banyak biasanya merupakan kondisi yang serius seperti perdarahan (bisa karena operasi/kondisi setelah melahirkan), kondisi infeksi,luka bakar, gangguan fungsi hepar (hati)/ginjal yang berat, kanker, kelainan darah yang dapat berupa thalassemia dan anemia. Thallasemia merupakan kelainan bawaan hemoglobin di dalam sel darah merah. Anemia adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak memproduksi sel darah merah dalam jumlah yang cukup dan atau tubuh tidak bisa memproduksi sel darah merah yang bentuk&fungsinya normal sehingga kadar hemoglobin (suatu protein kompleks yang terkandung dalam sel darah merah) menjadi rendah. Selain itu anemia juga dapat disebabkan hilangnya darah karena kondisi luka (kecelakaan) ataupun paska operasi besar.

    Penyebab anemia bisa bermacam-macam di antaranya kekurangan asupan zat besi, asam folat, vitamin B12, perdarahan yang terjadi dalam jangka waktu yg lama (misalnya perdarahan saluran cerna), perdarahan yang terjadi secara mendadak dan dalam jumlah banyak (misalnya seseorang mengalami luka tusuk, kecelakaan, persalinan dengan komplikasi), kelainan imunitas, efek samping obat tertentu, efek samping kemoterapi/radioterapi, dan penyakit yang diturunkan.

    Sel darah dan plasma darah memiliki peranan penting dalam tubuh manusia. Sel darah membawa hemoglobin, yang mempunyai tugas membawa oksigen ke seluruh tubuh. Karena kadar hemoglobin rendah di dalam darah maka oksigen yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan fungsinya juga rendah. Plasma darah membawa sel pembekuan darah, sel darah putih, cairan tubuh. Bila kondisi kekurangan darah terjadi dalam derajat yang sangat berat, dapat menyebabkan kondisi yang berbahaya seperti gangguan irama jantung bahkan kondisi syok yang mengancam nyawa. Tekanan darah yang sangat rendah menunjukkan adanya kondisi serius yang memerlukan pengawasan dari Dokter.

    Keluarnya air mata berwarna kemerahan dan cairan darah dari hidung/mimisan dapat merupakan gejala lain yang berhubungan dengan kondisi yang teman Anda alami. Air mata bercampur darah disebut sebagai haemolacria. Sedangkan mimisan disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah hidung.

    Hanya Dokter yang merawat langsung teman Anda, yang mengetahui secara pasti detail kondisi pasien.

    Biasanya selama masa perawatan, Dokter akan melakukan tanya jawab seputar riwayat penyakit pasien, riwayat penyakit keluarga dan pola hidup pasien, melakukan pemeriksaan fisik dan bila perlu melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah di laboratorium untuk menyingkirkan adanya infeksi darah yang berat, kemungkinan keganasan pada darah atau perdarahan yang berjalan dalam jangka waktu lama tapi tidak diketahui, dan kemudian bila diperlukan melakukan pengambilan sedikit sumsum tulang belakang untuk diperiksa di bawah mikroskop khusus.

    Penanganan yang terbaik akan dilakukan berdasarkan pada kondisi, penyebab dan diagnosis pasien.

     

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

    Salam sehat, Dr.Caecilia Haryu Aryapti.