Tanya Dokter

  • Obat yang harus diminum dan pola makan yang harus dijaga

  •  effiekurniati
    Anggota

    Dok sekarang saya sudah mau masuk kuliah. Nah saya dari awal kelas 1 SMA setiap hari kepala saya pusing. Kadang pusing ringan, kadang pusing yang agak berat, bahkan beberapa kali saya vertigo. Saya sudah pernah ke dokter, lalu dokter bilang kalo saraf keseimbangan saya kurang bagus makanya sering pusing-pusing. Lalu dokter memberi saya vitamin dan obat. Namun setelah semua vitamin dan obat yang si dokter beri itu habis. saya tidak merasa ada efeknya. Pusing saya masih sama seperti sebelum minum obat. Menurut dokter bagaimana, saya harus minum obat apa dok, atau saya harus menjaga pola makan seperti apa?

    effiekurniati  effiekurniati
    Anggota

    Tlong d balas ya dok

    Halo,   Apa pusing yang Anda maksud adalah sensasi berputar (vertigo)? Vertigo merupakan suatu kondisi penyakit yang menyebabkan keluhan si penderita merasa berputar (goyang) atau sensasi seperti lingkungannya berputar sehingga menyebabkan keluhan seperti ingin jatuh (jalan tidak seimbang) dan mual -muntah. Penye<span style="line-height: 1.5;">bab vertigo </span>antara lain bisa dikarenakan :

    1. BPPV (Benign Paroxsimal Positional Vertigo)
    2. Labirinitis
    3. Meniere
    4. Vestibular neuritis = inflamasi saraf dalam telinga.
    5. Migrain
    6. Cedera kepala
    7. Stroke ringan.
    8. dll.
    Untuk itu maka pemeriksaan secara seksama dan menyeluruh akan diperlukan, Dokter THT / Saraf akan memeriksa Anda dan melakukan beberapa tes medis yang perlu seperti tes darah, CT SCAN, otoskopi (pemeriksaan telinga) dll. Dengan mengetahui penyebab utama keluhan vertigo Anda maka pengobatan bisa diberian dengan tepat sasaran. Untuk menangani vertigo maka Anda bisa melakukan beberapa pendekatan terapi seperti :
    • Latihan manuver epley
    • Manuver brandt darroft.
    • Rehabilitasi vestibular yang dilakukan oleh dokter THT.
    • Obat pereda vertigo = cinnarisin, flunarizin, betahistine dll.
    • Isitrahat cukup.
    • Berbaring dengan posisi yang tidak menimbulkan berputar.
    Semoga membantu.   dr. Yusi