Tanya Dokter

  • MCU dalam jarak yang berdekatan, apakah boleh?

  •  LITA INDRIANA
    Anggota
    Pagi dokk... saya mau tanya... kalau MCU dalam waktu berdekatan itu boleh ngga si dokk... denger denger rontgen'nya minimal 6 bulan sekali ya dok?? Emg kalo misal blum 6 bulan apa efeknya dok??

    Halo Lita,

    Terimakasih atas pertanyaanya di Alodokter. pada dasarnya tingkat aman pemeriksaan radiasi bukan dari berapa kali dilakukan pemeriksaan rontgen melainkan berapa jumlah dosis radiasi yang diterima tubuh dalam waktu satu tahun. Beberapa literatur mengatakan batas dosis tubuh terkena radiasi setara dengan pemeriksaan 50 kali foto rontgen dada per tahun.

    Biasanya efek radiasi lebih dimonitor pada terapi radiasi (radioterapi) untuk pasien kanker karena dosis radiasi yang diberikan cukup besar, dan juga pada ibu hamil karena janin sangat rentan mengalami gangguan perkembangan bila terkena radiasi sehingga sebaiknya dihindari pemeriksaan yang menggunakan radiasi pada ibu hamil seperti foto rontgen, CT scan, kecuali bila memang sangat diperlukan.

    Sinar radiasi (x-ray) memang berbahaya, dimana dapat menyebabkan ionisasi sel-sel normal dalam tubuh sehingga berpotensi terjadinya kerusakan atau perubahan menjadi sel abnormal misal sel kanker, namun Anda tidak perlu khawatir karena sinar radiasi yang diberikan pada pemeriksaan medis menggunakan dosis aman yang sangat kecil.

    Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

    salam,

    dr. yuniar