Tanya Dokter

  • Bolehkah MCU dalam waktu berdekatan ?

  •  LITA INDRIANA
    Anggota
    Pagi dokk... saya mau tanya kembali... berarti kalau rontgen yg di gunakan medis itu kecil kalau hanya mcu untuk masuk kerja gitu berx x ngga papa ya dok??? Misal berdekatan dalam seminggu 2x...

    Halo Lita, 

    Kekhawatiran Lita mengenai bahaya radiasi karena 2 kali melakukan rontgen dalam seminggu bisa dimengerti. Meski begitu, pemeriksaan sinar X untuk diagnostik nilai radiasinya cukup kecil dan dalam batas aman. Banyak pemeriksaan rontgen dilakukan secara serial dan berdekatan bahkan beberapa kali pengambilan foto rontgen di hari yang sama, misalnya rontgen sebelum dan setelah pemasangan pen pada patah tulang, rontgen pada BNO-IVP untuk mengetahui apakah adanya gangguan pada ginjal, rontgen perut 3 posisi, dan masih banyak lagi. Selama ini, hal tersebut tidak menimbulkan masalah yang berarti, dan manfaatnya lebih besar dari resikonya. 

    Jadi, Lita tidak perlu khawatir. Meski begitu sebaiknya Lita tidak melakukannya jika memang tidak perlu untuk meminimalisir efek radiasi. Jika untuk keperluan pekerjaan dan jika disarankan dokter, Lita bisa melakukannya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sinar X dapat memicu ionisasi sel dan dikhawatirkan akan memicu kanker. Tetapi kanker tidak hanya disebabkan oleh hal ini, masih banyak faktor lainnya misalnya faktor genetik, pola hidup, infeksi tertentu, dan masih banyak penyebab lain yang belum diketahui. 

    Semoga menjawab ya, 

    dr. Mega