Tanya Dokter

  • Apakah cacar air dapat menular melalui benda yang disentuh penderita?

  • Pagi dok saya mau bertanya, apakah cacar air bisa menular melalui benda" yang disentuh pengidap? Lalu jika sudah 15 menit dekat dengan pengidap solusi pencegahannya apa dok, saya mengurus adik saya yg sedang mengidap tapi saya juga sudah pernah terkena, dan juga saran sebaiknya perlu di beri ruang khusus untuk pengidap, karena ada juga adik saya yang masih bayi, namun terpisah kamar. terima kasih.

    Hai,   Cacar air menular melalui kontak langsung dari cairan lenting penderita dan juga dari cairan ludah yang keluar saat penderita batuk / bersin. Virus cacar bisa saja menular melalui benda yang terkena cipratan cairan lenting/ ludah penderita dan dalam waktu yang singkat (<15 mnt) bersentuhan dengan mukosa hidung/ mulut orang lain. Umumnya pada orang yang sudah pernah terkena, tidak akan terkena virus ini kembali karena terbentuknya antibodi/ kekebalan pasca penyembuhan pertama kali. Karena penularan sangat mudah dan cepat terjadi memang sebaiknya pasien diisolasi dalam ruangan tersendiri dan dijauhkan dari orang tua (>60 tahun), anak anak dan orang yang belum mendapat vaksinasi. Solusi yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penularan adalah :

    1. mencuci tangan segera dan dengan cairan antiseptik setelah mengurus adik Anda yang sakit
    2. memisahkan adik Anda dan mengisolasinya sampai lenting hitam dan kering
    3. mengobati adik Anda yang sakit dengan anti virus sesuai anjuran dokter
    4. menjaga adik bayi Anda dari bermain mainan/ benda lain yang berkontak dengan pasien atau segera bersihkan mainan / benda yang kontak dengan cairan alkohol
    5. memberikan imunisasi pada adik bayi Anda jika setelah 2 minggu pasca pasien sembuh adik bayi Anda tidak tertular.
    6. Makan teratur
    7. Istirahat cukup
    8. olahraga ringan teratur.
    9. menggunakan masker saat mengobati pasien
    10. Mencuci seprai atau benda lain secara terpisah
    Semoga membantu.   dr. Yusi