Tanya Dokter

  • melahirkan

  • dok usa kehamilan sya sudah 38 minggu... dn akhir2 ni saya merasakan nyilu pada pinggul saya , kmren ad terasa nyeri pada perut tapi cuma setengah jam saja dn membuat saya tidak nyaman buat tdur , dan akhir2 ne juga sering keluar lendir dari serviks , apa kah itu tanda2 akan terjadi nya persalinan dalam waktu dekat , dn kalau iya , berapa minggu lagi kira2 terjadi persalinan nya dok supaya bisa siap2 sgala sswatu keperluan ny . tlong di jwab sgera ya dok , thanks

    Hallo Novia, Rasa sakit pada panggul dan tulang belakang, nyeri pada daerah perut atau kram  dan juga keluarnya lendir dari vagina yang Anda alami bisa merupakan tanda-tanda akan terjadinya proses melahirkan. Berikut penjelasannya :

    1. Sakit pada  panggul  terjadi karena ada pergerakan dan pergeseran pada perkembangan janin sehingga menyebabkan adanya tekanan tepat di bawah tulang rusuk.
    2. Sakit pada daerah perut terjadi karena pada tahap awal kelahiran tubuh seorang wanita akan mulai mengeluarkan sekelompok zat yang menyerupai hormon disebut prostaglandin. Prostaglandin ini menyebabkan kontraksi rahim sehingga membantu melebarkan dan melunakan leher rahim tetapi dapat juga memberikan rangsangan pada perut sehingga dapat timbul rasa sakit.
    3. Keluarnya lendir kental yang dapat bercampur dengan darah, pada masa  kehamilan serviks ditutupi oleh lendir yang kental tujuannya untuk melindungi bayi dari infeksi. Pada saat proses persalinan dimulai serviks akan membuka dan membuat jalan lendir tersebut keluar dari vagina.
    Tanda-tanda lain yang mungkin dirasakan seperti :
    • Adanya Rasa nyeri pada selangkangan
    • Terjadinya kontraksi palsu
    • Perubahan pada leher rahim menjadi melunak
    • Pecahnya air ketuban
    Proses persalinan setiap wanita berbeda-beda namun biasanya akan berlangsung saat usia kehamilan memasuki minggu ke-37 hingga minggu ke-41 dimana janin sudah dalam kondisi matang. Dikarenakan usia kehamilan Anda sudah memasuki 38 minggu dan siap untuk melahirkan maka sebaiknya Anda menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk proses persalinan sehingga ketika terjadi kontraksi atau air ketuban telah pecah Anda bisa segera bergegas ke rumah sakit. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat membaca artikel berikut : Tanda-tanda melahirkan sudah dekat Terima kasih dan semoga bermanfaat dr. Rievia

    Sebagai tambahan ada beberapa hal yang dapat dilakukan ketika calon ibu mengalami tanda-tanda persalinan adalah :

    • Saat terjadi kram anda dapat meminum banyak air putih.
    • Saat menduga bahwa air ketuban mulai pecah segera beristirahatlah, Jika kondisi semakin parah bergegaslah pergi ke rumah sakit karena biasanya kelahiran akan terjadi dalam 24 jam setelah ketuban pecah.
    • Segera temui dokter jika Anda merasakan pergerakan janin kurang aktif.
    • Jika Anda merasakan sakit perut yang parah dan disertai dengan perdarahan pada vagina (bukan lendir bercampur darah) sebaiknya segera ke rumah sakit.
    Semoga bermanfaat dr. Rievia

    Novia Susmitha  Novia Susmitha
    Anggota

    terima kasih bnyk y dok, sangat bermanfaat info ny,, sya mohon doa ny,, smoga di lancarkn proses kelahiran anak pertama sya,, ,

    Aamiin,, semoga ibu dan bayi diberi kelancaran dan kesehatan :)

    Novia Susmitha  Ike Lestati
    Anggota

    Dok saya berhunungan tangal 10 agustus saya haid tangal 12 agustus apakah saya hamil dan saya biasa nya haid tangan 12 15 dan saya 8 september haid apakah saya hamil tolong jawaban nya dok Makasih