Tanya Dokter

  • Melakukan pencegahan 10 hari sebelum tes HIV

  • Dok, saya disarankan mengikuti hal seperti ini selama 10 hari sebelum tes HIV berlangsung :

    - Miunum air kelapa muda 2 kali sehari Selama 10 hari - Tidak boleh terkena sinar matahari Selama 10 hari - Tidak boleh duduk lebih dari satu jam Selama 10 hari - Tidak boleh kena angin malam, jika keluar malam naik motor di haruskan pakai jaket - sarung tangan dan tidak boleh berkendara sejauh 4km Selama 10 hari - Tidak boleh cape/ melakukan aktifitas berat Selama 10 hari - Tidak boleh menempuh perjalanan jauh lebih dari 1jam Selama 10 hari - Tidak boleh mengeluarkan banyak keringat Selama 10 hari - dan Tidur terlungkup

    Apakah benar jika saya melakukan hal di atas selama 10 hari sebelum tes dilakukan dapat mencegah semakin parahnya gejala HIV ?

    Hai Semua yang disebutkan diatas tidak berhubungan sama sekali dengan hasil dari pemeriksaan HIV. HIV dilakukan pemeriksaan bila adanya kontak dengan faktor risiko seperti:

    • Hubungan intim dengan pasangan HIV positif atau dengan pasangan berisiko seperti HIV
    • Hubungan intim dengan sesama jenis
    • Konsumsi narkoba jarum suntik dengan penggunaan jarum bergantian
    • Tertusuk alat medis
    • Adanya gejala yang merujuk pada AIDS, dimana infeksi HIV yang sudah terjadi penurunan daya tahan tubuh secara drastis, gejalanya seperti:
      • Sariawan penuh dimulut tidak sembuh-sembuh
      • Lidah putih akibat infeksi jamur
      • Diare lebih dari 2 minggu
      • Penurunan berat badan drastis
      • Penyakit infeksi paru seperti TBC, infeksi otak, dsb.
    Pada awal penularan HIV umumnya tidak bergejala apapun, bila ada gejala pun hanya ringan seperti batuk pilek, diare, nyeri tenggorok, ruam merah dengan gatal ringan. Virus HIV menyerang daya tahan tubuh, karena belum terjadi penurunan daya tahan tubuh maka gejala tersebut akan hilang dengan sendirinya. Sejak virus HIV masuk dalam tubuh, terdapat jeda waktu antara 2 minggu- 6 bulan dimana pemeriksaan antibodi HIV tetap negatif, oleh sebab itu sebaiknya melakukan pemeriksaan HIV minimal 1-3 bulan terjadi kontak dengan faktor risiko HIV. Ada kalanya seseorang tidak mengetahui pasti kapan terkena kontak dengan faktor risiko HIV. Untuk pastinya Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu di poli VCT pada rumah sakit terdekat, di poli VCT akan diberitahu secara lengkap informasi mengenai HIV dan penanganan selanjutnya. Informasi terkait dapat Anda baca secara lengkap pada artikel berikut ini: Gejala HIV-AIDS. Metode pemeriksaan untuk deteksi dini penularan HIV Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    Mungkin maksud saya tadi bukan HIV dok tetapi kencing bernanah yg jika dibiarkan akan beresiko terkena HIV benarkah dok ? Tetapi sekarang mr.p saya belum merasakan efek apapun selagi kencing ataupun tidak. Satu lagi pertanyaan saya dok Jika saya mengikuti saran 10 hari diatas apakah akan berefek pada tubuh saya dan bagaimana kondisi saya setelah 10 hari mendatang ?

    Tolong di bales dok

    Up