Tanya Dokter

  • Hasil Lab TORCH

  • Assalamualaikum Dok…

    Saya mau crita dari awal kehamilan saya Dok…,

    Saya hari mens terakhir di 28 feb 2015, jadi jika pada waktu saya kuret usia kandungan saya +- 17 minggu / 4 bulan 1 minggu…., pada bulan sblm saya usg yaitu usia kandungan 13 weeks, semua normal Dok…bayi berkembang sesuai usia…saya jg bisa mendengar detak jantungnya,

    Pada suatu hari 13 juli 2015 saya ada flek coklat kemerahan Dok, lalu kram dibagian perut bawah, tp tdak nyeri sm skali, kemudia saya ke dokter spog, wktu di USG ternyata bayi di dianogsa mninggl di dlam Dok, krna detak jantng suda tdak terdengar, bayi tidak berkembang sesuai usia, lalu ada tindakan kuret, ketika bayi lahir normal terlihat fisik bahwa tali plasentanya kecil jd asupan makanan ke bayi kurang…itu kata dokternya.

    Tetapi oleh dokter..saya di sarannya untuk tes TORCH 25 agustus 2015 dengan hasil sbb:

    TOXO igg : negatif 0 TOXO igm : negatif 0.04

    RUBELA igg : positip 209 RUBELA igm : negatif 0.33

    ANTI CMV igg : positip 36 ANTI CMV igm : negatip 0.14

    ANTI HSV II igg : negatip index unit 2.8 ANTI HSV II igm : negatip indek unit 2.7

    Lalu saya konsultasikan ke Dokter spog yg sama kata beliau bahwa titer saya di rubbela n anti cmv tinggi…bisa saja kmaren keguguran karena ini.

    Saya di sarankan untuk mnunda hamil selama 3 bulan sejak cek lab

    Yg ingin saya tanyakan Dok… 1. Apakah benar penyebab saya keguguran adalah krna igg rubella n anti cmv saya positif dan tinggi? (krna setau saya klo iggnya yg positif itu tdak masalah)

    2. Apakah berbahaya jika titer igg rubella n anti cmv saya tinggi Dok?

    3. Apakah saya perlu tes lab rubella n anti cmv lg sblm saya promil Dok?

    4. Kapan idealnya saya boleh hamil lg Dok, jika melihat riwayat hasil lab saya? (saya sudah 2 x mens sejak kuretase di bulan juli)

    Mohon info sejelasnya ya Dokter…biar saya lega mengenai hasil lab saya…Terimakasih

    Salam,

    Halo, Pada pemeriksaan TORCH ditandai IgG dan IgM yang menunjukan kondisi infeksi yang diderita.

    • IgM positif merupakan pertanda adanya infeksi dalam kurung waktu 1 tahun terakhir, hasil mulai positif pada minggu 1-2 infeksi.
    • IgG positif merupakan pertanda pernah terinfeksi, mulai menandai setelah terinfeksi 8 minggu.
    Berikut interpretasi hasil IgM& IgG,
    • IgM + dan IgG - menandakan infeksi terjadi pertama kali dan memerlukan pengobatan,
    • IgM + dan IgG + menandakan infeksi akut sudah terjadi > 8 minggu atau merupakan penyakit kambuhan dan memerlukan pengobatan.
    • IgM -  dan IgG - menandakan belum adanya antibodi atau belum pernah terinfeksi.
    • IgM - dan IgG+ menandakan sudah memiliki antibodi atau pernah terinfeksi sebelumnya.
    Kondisi dimana IgM positif memerlukan pengobatan segera, dan pada IgG positif diperlukan monitoring terjadinya infeksi terutama pada saat kehamilan. Saran saya bila ingin merencanakan kehamilan kembali tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan TORCH kembali untuk melihat kondisi pada saat ini. Bila hasil IgM tidak positif berdasarkan hasil pemeriksaan terbaru maka perencanaan kehamilan dapat dilanjutkan, namun bila positif harus melakukan pengobatan. Kondisi IgM yang negatif dan IgG yang positif pada saat kehamilan harus dilakukan pemantauan yang lebih intens pada janin seperti USG serial untuk melihat perkembangan janin. Konsultasikan rencana kehamilan dengan dokter spesialis kebidanan yang merawat demi mendapatkan perencanaan medis yang sesuai dan menunjang rencana kehamilan. Semoga bermanfaat, dr. Aditya Pratama