Tanya Dokter

  • Perbedaan tanda kehamilan dan kista

  •  Idha Rosida
    Anggota

    hallo dokter,

    Dok tgl 4 Agustus sy haid, kemudian 21 September sy haid (siklus 48 hari), oktober sy blm haid sampai sekarang, 

    hr minggu tgl 5 November sy tespek hasil negatif, lalu hr rabu sy berencana ke dokter krn telat haid tp tespek negatif dan pagi hr rabu sy tespek merk onemed hasil garis 2 cuma samar cuma 1 garis samar, hari kamis sy tespek merk sensitif hasil garis 2 samar jg, dan hr sabtu sy tespek lg hasil garis 2 samar cuma agak kereng dikit.

    krn sy fikir sy hamil, jd sy usg, tapi pas usg ga ada janinnya. dan 2 minggu lg sy suruh balik utk usg ulang krn takut hamil diluar kandungan. krn menurut dokternya hitungan hamil udh 7 minggu,,

    apa mungkin sy kena kista dok? ataukah hamil namun blm tampak?

    terima kasih dokter.

     

    Halo Idha

    Terima kasih telah bertanya pada Alodokter

    Berdasarkan cerita Anda memang terdapat beberapa kemungkinan yang terjadi dan salah satunya hamil. Namun tidak menutup kemungkinan juga yang lain seperti:

    • Gangguan hormonal : untuk terjadi nya menstruasi banyak hormon yang berperan dalam 1 siklus menstruasi. Salah satunya adalah hormon progesteron yang berfungsi untuk menebalkan dinding rahim. Dinding rahim yang menebal tujuannya dipersiapkan untuk terjadinya kehamilan. Namun bila pembuahan tidak terjadi, dinding ini akan luruh dan terjadilah menstruasi. Gangguan pada hormon ini juga dapat menyebabkan keterlambatan haid.
    • Stress
    • Aktifitas yang terlalu berat
    • Kehilangan berat badan secara drastis akibat kurangnya asupan makanan dapat menyebabkan seseorang tidak mengalami haid.
    • Adanya penyakit lain yang dapat menggangu kadar hormon dalam tubuh, misalnya Hipotiroid, tumor pada otak dan kelenjar penghasil hormon
    • Adanya penyakit lain yang dapat menggagu fungsi dari rahim itu sendiri, misalnya kista ovarium maupun sindrom polikistik ovarium (PCOS)

    Kehamilan itu sendiri sebenarnya tidak dipastikan hanya dengan gejala Amenore (tidak menstruasi) masih harus ditemukan hasil pemeriksaan lainnya seperti USG dan mengenai testpack sendiri tidak selalu menjadi patokan utama karena sering memberikan hasil yang kurang akurat.  Sedangkan mengenai kista masih bisa saja kemungkinan itu terjadi namun belum dapat saya pastikan hanya denga mendengar keluhan Anda seperti ini, harus dilakukan pemeriksaan kembali secara rutin dan menyeluruh terhadap keluhan Anda agar penanganan nantinya sesuai. Saran saya cobalah untuk ikuti saran dokter tempat Anda memeriksakan diri sebelumnya untuk datang 2 minggu lagi karena memang terdapat beberapa kasus sebelum usia 7 minggu janin belum tampak di rahim.

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Satya Sueningrat