Tanya Dokter

  • Bintik putih pada lidah dan gusi

  •  Dwi Aga
    Anggota

    Dok tidak bosan bosan saya bertanya hehehe maaf sebelumnya. Sebelumnya saya menderita kencing yang sakit dan keluar lendir tipis setelah saya ke dokter konsultasi dia berpendapat saya terkena GO padahal saya belum melakukan cek. Dan saya di beri antibiotik dan sembuh. Tetapi sekarang di gusi saya timbul bitik putih kecil seperti gula pasir dan lidah saya berwarna putih juga di ikuti rasa linu terkadang, dan saya diberi obat kembali yaitu obat pencernaan dan penguat imun. Yang ingin saya ceritakan adalah saya mendapatkan gejala tersebut karena 2 bulan lalu sempat berhubungan dengan seseorang wanita dan saya tidak tahu kalau dia sudah berganti ganti pasangan sampe sekarang rasa linu di gusi saya dan bintik putih tetap ada sekitar 2 minggu. Dan bab saya menjadi lunak atau tidak padat dan terkadang setelah bab masih timbul rasa ingin melakukannya lagi. Kira kira apa yg saya derita dok? Apakah yang harus saya lakukan? Sedangkan wanita itu saya amati tidak mengalami gejala apapun setelah saya bersamanya dalam 3 bulan lalu tetapi sekarang sudah tidak bertemu? Terima kasih sebelumnya dok.

    Halo, Bintik putih pada lidah dan gusi paling sering disebabkan oleh infeksi jamur kandida dan secara medis disebut kandidiasis. Hal lain yang dapat menyebabkan kondisi tersebut adalah:

    • leukoplakia
    • liken planus oral
    • sariawan
    Infeksi jamur pada mulut dapat diatasi dengan pemberian obat anti jamur. Namun dengan riwayat melakukan hubungan seksual tanpa pengaman sebelumnya kita tetap perlu waspada adanya penularan virus seperti HIV. Selain melakukan pemeriksaan terhadap mulut, ada baiknya Anda melakukan tes HIV di klinik VCT yang biasanya terdapat di rumah sakit. Semoga membantu, terimakasih