Tanya Dokter

  • Efek samping minum enervon C

  •  Ayu L
    Anggota

    Selamat pagi dok.

    dok saya mau bertanya, jika meminum enervon c 1x dalam sehari apakah ada efek sampingnya, bahaya atau tidak?

    Hai Ayu,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Enervon C merupakan suplemen yang mengandung beberapa komponen, di antaranya vitamin C, dan berbagai vitamin lainnya, seperti vitamin B1, B2, B6, B12, niacinamide, dan calcium pantothenate.

    Suplemen ini kerap digunakan untuk menjaga stamina dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di samping itu, karena kandungannya, Enervon C bermanfaat juga untuk menambah nafsu makan, menjaga kesehatan kulit, mencegah sariawan, mengatasi ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), dan sebagainya.

    Apabila dianjurkan oleh dokter, sesuai dengan indikasi medis yang jelas, konsumsi enervon C 1x sehari tidaklah berbahaya. Namun, jika hal ini tidak dilakukan atas anjuran dokter, maka hal ini berpotensi menimbulkan berbagai efek samping. Mengingat, kebutuhan vitamin C orang dewasa normalnya hanyalah berkisar antara 75 hingga 150 mg/ perhari. Sedangkan, pada tiap butir Enervon C, terkandung hingga 500 mg vitamin C.

    Beberapa kemungkinan efek samping yang mungkin timbul adalah:

    • Peningkatan asam lambung (perut kembung, nyeri ulu hati, muntah-muntah)
    • Diare
    • Gangguan pembekuan darah
    • Kerusakan ginjal, misalnya batu ginjal, gagal ginjal
    • Pusing, nyeri kepala, dan sebagainya

    Karenanya, sebaiknya hindari konsumsi suplemen apapun dalam jangka panjang tanpa petunjuk dan pengawasan dokter ya.. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dan vitamin lainnya, sebaiknya Anda dahulukan mengkonsumsinya dari bahan-bahan alami, misalnya buah atau sayuran, seperti jambu, jeruk, lemon, strawbery, kelengkeng, kecambah, dan sebagainya.

    Sekian informasi dari kami. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter di fasilitas kesehatan terdekat.

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah