Tanya Dokter

  • Nyeri kepala jika tidak meminum Kopi

  •  Tsania
    Anggota

    Halo Dokter, saya mau bertanya..

    Kenapa ketika saya meminum kopi (bahkan kopi kalengan), badan saya langsung merasa lemas? Seringkali jantungpun berdebar dan sakit perut.

    Namun, saya memiliki sakit kepala berkelanjutan yang dapat diredakan sedikit dengan meminum kafein (menurut dokter saya pada saat itu). Sehingga, terkadang saya butuh kopi.

    Mohon saran dari dokter. Terima kasih sebelumnya.

    Tsania yang baik,

    kafein adalah senyawa yang memiliki beberapa efek penting dalam tubuh. Kafein banyak terkandung dalam kopi dan juga dalam teh. Kafein bekerja dengan menstimulasi reseptor saraf yang berperan baik dalam menstimulasi denyut jantung serta mengecilkan pembuluh darah. Efek pengecilan pembuluh darah inilah yang digunakan untuk mengatasi nyeri kepala yang sebagian besar diakibatkan oleh pelebaran pembuluh darah di sekitar kepala. Namun demikian meski memiliki efek medis yang menguntungkan, tak selamanya kafein baik, jika pada akhirnya menimbulkan keluhan. Oleh karena rangsangannya pada jantung, kafein menyebabkan peningkatan denyut jantung yang dirasakan oleh pasien seperti berdebar-debar. Oleh karena denyut jantung yang cepat, pompa jantung tidak bisa berlangsung dengan efektif sehingga justru seringkali menyebabkan asupan darah ke yang mengandung oksigen dan nutrisi malah menjadi tidak efisien dan menimbulkan lemas. Kafein juga merangsang produksi asam lambung yang mana hal ini dapat merugikan bagi pasian yang memiliki riwayat sakit maag. Kekambuhan sakit maag salah satunya ditandai dengan sakit perut terutama daerah ulu hati. 

    Mengenai nyeri kepala yang ada, Anda dapat mengonsumsi penahan nyeri yang dijual bebas seperti paracetamol tentunya dengan memperhatikan petunjuk pemakaian yang ada. Bila nyeri kepala terus berlanjut, jangan ragu memeriksakan diri ke dokter. Kafein tentu baik dikonsumsi pada kadar tertentu, namun jika Anda merasakan adanya keluhan setiap kali mengonsumsi kafein, yang terbaik ialah menghindari konsumsi kafein tersebut. Berikut kami lampirkan artikel mengenai kafein. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N K. Arief