Tanya Dokter

  • Konsumsi obat hipertensi bersama dengan suplemen

  • Siang Dokter... sy mau tanya, apakah boleh minum obat hipertensi (amplodipine 5 mg) bersamaan dengan vitamin neurosanbe plus ? Tq

    Hai,

    Mengonsumsi obat yang benar perlu juga memerhatikan adakah kemungkinan interaksi obat di dalam tubuh. Yang paling sering ialah mengonsumsi obat maag dan obat diare dengan obat-obatan lainnya. Kebanyakan obat maag dan diare dapat mengganggu penyerapan obat yang lain.

    Sementara itu, vitamin juga tidak selalu bisa dikonsumsi berbarengan dengan obat lain. Contohnya vitamin E dapat meningkatkan kemampuan obat pengencer darah yang mengandung warfarin sehingga meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami perdarahan.

    Belum ada data / laporan khusus yang menunjukkan suplemen yang mengandung vitamin B (salah satunya neurosanbe) bisa berinteraksi dengan obat lain, mengganggu penyerapan atau meningkatkan efek obat. Jika Anda mengkhawatirkan efek interaksi obat tersebut, Anda masih boleh mengonsumsi obat hipertensi dan vitamin dengan memberikan jeda / jarak waktu minum obat, misalnya obat hipertensi diminum pada pagi hari sedangkan vitamin diminum pada siang hari atau sekitar pukul 9-10 pagi.

    Anda juga sebaiknya kontrol rutin ke Dokter Anda untuk memantau tekanan darah Anda dan menyesuaikan dosis pengobatan jika perlu. Terapkan juga pola hidup sehat, serta hindari paparan asap rokok dan minuman keras.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma