Tanya Dokter

  • Menangani sakit ginjal

  • Selamat pagi dok,

    Saya Danang 23 th.

    Dok saya mau menanyakan, kemarin ayah mertua saya(usia 67 tahun) opname.
    Dari hasil pemeriksaan dokter, trnyata didapati hasil bahwa salah 1 ginjal beliau sudah tidak berfungsi, sedangkan ginjal yg 1 lagi terdapat kista.
    Kemudian paru-paru beliau juga basah (terdapat air)
    Memang beliau ada penyakit gula, tp setelah di cek lab hasilnya membaik.
    Informasi tambahan : beliau sebelum opname memang tangan dan kakinya membengkak, dulu juga pernah opname dgn kasus yg sama, tp dulu ginjalnya belum separah sekarang.

    Mohon bantuan jawaban dari dokter, apa solusi yg bisa saya sekeluarga lakukan?
    Adakah pantangan2 yg harus dihindari oleh ayah mertua saya??

    Terimakasih dokter,

    Hai,

    Gangguan fungsi ginjal bisa disebabkan oleh gangguan aliran darah, kelainan pada fungsi saringan ginjal atau sumbatan pada aliran keluar ginjal. Pada mereka dengan penyakit diabetes, gangguan fungsi ginjal mungkin berkaitan dengan kerusakan saringan ginjal (glomerulus); sifat kerusakan adalah tak terbalikkan (irreversible) namun dapat dicegah dengan kontrol gula darah yang baik dan pengobatan.

    Cairan di paru-paru, terkait dengan pembengkakan di tungkai dan lengan mungkin disebabkan oleh gangguan ginjal, gagal jantung atau penyakit hati. Tergantung penyebabnya, penanganannya juga berbeda-beda. Untuk memastikan penyebabnya, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Ahli Penyakit Dalam (Sp /PD). Mungkin diperlukan pemeriksaan darah, foto Roentgen dan USG untuk menunjang diagnosis.

    Sementara waktu, pasien perlu berobat rutin ke Dokter karena penyakit yang dialami kemungkinan adalah jenis penyakit kronis (menahun) -- penyakit kronis bukanlah penyakit yang bisa disembuhkan, namun penyakit bisa dikontrol untuk mencegah terjadinya perburukan / komplikasi. Asupan garam sebaiknya dibatasi, mis. makanan ringan, mie instan, saos dan makanan yang diawetkan. 

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma