Tanya Dokter

  • Mencret pada bayi

  • Selamat pagi dok, Anak sy Raden baru berumur 2 bulan. Sudah 2 hari ini Raden mencret dengan warna tinja kuning kecoklatan muda. Raden minum susu Formula sj dok, frekuensi BABnya jg sering. Sehari yg biasanya sekali tapi sudah 2 hati ini sampai 3-4 kali. Mohon penjelasannya dok. Makasih..

    Halo,   Karena bayi Anda berusia < 6 bulan maka sangat disarankan untuk segera memeriksakan bayi Anda ke dokter anak terdekat secara langsung untuk pemeriksaan maksimal. BAB pada bayi berusia 2 bulan normal terjadi 2-3 kali dalam sehari dan biasanya tidak padat ( agak lembek) karena hanya mengkonsumsi susu saja. Namun pemberian susu formula pada bayi biasanya memang membuat bayi bisa lebih rentan mengalami gangguan pencernaan seperti mudah diare dan infeksi nafas disertai bentuk feses yang sedikit lebih encer atau justru lebih padat (konstipasi pada bayi). Penyebab diare tersering pada bayi adalah virus yaitu rotavirus atau alergi laktosa pada susu formula. Penanganan diare pada bayi bisa Anda lakukan dengan :

    1. Tetap perhatikan asupan cairan (susu).
    2. Hindari memberikan susu terlalu kental pada bayi.
    3. Berikan ASI.
    4. Jaga kebersihan tangan, mainan, dan alat botol susu serta dot bayi, jika perlu sterilkan sebelum digunakan.
    5. Bersihkan bokong bayi dengan seksama dan jangan lupa memcuci tangan sesudah membersihkan dan sebelum memegang bayi Anda.
    6. Lap dengan kompres hangat payudara Anda sebelum menyusui ( jika Anda memberikan ASI).
    7. berikan probiotik dan prebiotik.
    Jika diare menetap > 3 hari atau memburuk dengan cepat disertai tanda dehidrasi yaitu mata cekung, ubun ubun cekung , bayi tidak responsif, mengantuk terus dan merintih ( menangis tapi dengan suara lemah) dll maka segera bawa bayi Anda berobat ke dokter anak /RS terdekat untuk perawatan maksimal. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi.