Tanya Dokter

  • rabun jauh dan kacamata

  • Dok saya adalah pelajar dengan umur 14 tahun.

    Saya mengidap penyakit rabun jauh (miopia). Sebelumnya ortu saya pernah melakukan pengukuran kecamata terhadap saya, namun kecamata itu tidak saya gunakan karena tidak efektif untuk dapat melihat di papan tulis.

    Saya mau tanya nih dok. Apakah setelah kita melakukan pengukuran kecamata, kita langsung dapat melihat dari jarak jauh secara jelas. Misalnya melihat tulisan di papan tulis.

    Mohon penjelasan nya dokter. Sebelumnya terimakasih.

    Hai, Rabun jauh (miopi) biasanya ditandai dengan susah membaca tulisan dengan jarak jauh, di mana orang dengan lensa mata normal masih dapat membacanya. Selain itu juga dapat disertai dengan sakit kepala, dan menjadi lebih sering mengedipkan mata. Penanganan rabun jauh dapat diberikan melalui koreksi lensa yang tepat, baik menggunakan kacamata maupun lensa kontak. Jika ukuran lensa yang diberikan sesuai, maka mata dapat membaca dengan jelas (terkompensasi sempurna). Anda dapat periksa ke dokter mata. Pemeriksaan mata, termasuk ketajaman penglihatan, dapat membantu untuk mengetahui ukuran koreksi lensa yang sesuai dengan kondisi mata. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat membaca tentang rabun jauh   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto