Tanya Dokter

  • mengapa asma selalu disertai batuk?

  •  Toni
    Anggota

    salam kenal dokter ....  nama saya toni , saya ingin bertanya . mengapa penyakit asma selalu di sertai dengan batuk?

    Halo Toni, Batuk merupakan suatu respon tubuh untuk mengeluarkan sekret atau benda asing dari saluran pernapasan. Pada penderita asma, batuk adalah salah satu gejala yang paling sering muncul, hal ini biasanya disebabkan oleh karena :

    1. Sekresi yang berlebihan dari bronkus (hipersekresi bronkus) yang menghasilkan mucus secara berlebihan.
    2. Penumpukan dahak karena menurunnya fungsi silia.
    3. Sumbatan jalan napas yang menyebabkan pertukaran udara dari dan ke paru-paru menjadi rendah.
    4. Daya tahan tubuh yang menurun.
    Asma merupakan suatu peradangan kronis saluran napas yang ditandai dengan gejala yang berulang, sumbatan saluran napas dan penyempitan saluran napas (bronkus). Faktor keturunan dari keluarga dan faktor pencentus munculnya serangan asma (asap rokok, debu, makanan, udara panas/dingin) merupakan dua hal utama yang menyebabkan terjadinya asma. Gejala asma antara lain :
    • Kesulitan untuk bernapas (sesak napas)
    • Napas yang berbunyi mengi pada saat membuang napas
    • Batuk berdahak
    • Dada terasa berat
    Untuk dapat memastikan penyakit asma selain dari riwayat medis dan gejala yang muncul pada penderita biasanya dilakukan pemeriksaan penunjang seperti uji spirometri untuk mengetahui tersumbatnya saluran napas. Pengobatan asma dapat berupa modifikasi gaya hidup seperti menghindari faktor pencetus dan juga dengan menggunakan obat untuk menangani gejala yang muncul tentunya pengobatan asma ini harus dibawah pengawasan dokter. Baca artikel terkait : Asma Batuk  Semoga bermanfaat, dr. Rievia