Tanya Dokter

  • Mengapa Badan ideal saya menjadi kurus kering

  • Ass.. Dok saya mau nanya, saya bingung dengan badan saya yang smakin kurus kering, sejak dulu (sejak smp) memang badan saya tidak gemuk tapi masih termasuk ideal dan jika tidak memakai baju terlihat seksi. Tapi 2,5 thn ini saya smakin hari smakin bingung dngan apa yang terjadi pda tubuhku ini, mngapa badanku menjadi kurus dan jadi tidak enak di pandang dan membuatku sering tidak percaya diri pda saat berhubungan dngan suami?? Padahal porsi makan saya tidak berubah bahkan saya makan selalu banyak, tapi di bagian perutku jdi mngecil, dadaku smakin kering juga pundak ku smakin kurus dan pinggul ku tidak seksi sperti dulu (smakin mngecil) saya sudah berusaha utk mngembalikan badan idealku dengan cara makan sebanyak mngkin, pernah mengkonsumsi obat herbal gemuk badan, tapi tetap sajah tidak bisa pd badan. Kadang sesekali badan saya terasa gemuk, sprti BH terasa kencang pas tidak trasa kendor, pda lengan paha dan pinggul juga payudara tersa membesar. Tapi itu tidak lama paling 3-4 hari sajah dan kembali lgi pada badan kurus, saya minta jawaban nya, trimakasih..

    Hai, Merasa diri kurus dan memakai patokan seperti "kesempitan / kelonggaran" saat mengenakan pakaian tidak dapat dijadikan patokan. Anda perlu secara rutin menimbang berat badan agar bisa diketahui apakah Anda mengalami penurunan berat badan kendatipun asupan makanan Anda cukup / diperbanyak atau apakah Anda hanya merasa bahwa Anda semakin kurus. Melihat dari keluhan yang Anda sampaikan di atas, kemungkinan-kemungkinan hal yang terjadi adalah:

    Anda sebaiknya berkonsultasi pada Dokter agar penggalian riwayat dan pemeriksaan fisik dapat dilakukan secara langsung. Anda mungkin akan memerlukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan foto Roentgen dada bila dirasa perlu. Untuk sementara, Anda sebaiknya:
    • Mulai secara rutin menimbang berat badan setiap 1-2 minggu sekali
    • Membiasakan pola makan yang teratur, yaitu makan pagi-siang-malam yang diselingi snack antara pagi-siang dan siang-malam (total keseluruhan 5x makan)
    • Berolahraga secara rutin seperti senam, jogging dan bersepeda; selain bermanfaat bagi metabolisme tubuh Anda, otot-otot Anda juga semakin kencang dan terlatih sehingga bentuk tubuh pun otomatis terbentuk
    • Kelola stress dengan baik
    • Istirahat secara cukup setiap harinya, hindari bergadang
    • Kurangi paparan asap rokok dan konsumsi alkohol
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma