Tanya Dokter

  • Mengapa badan saya susah gemuk?

  • Selamat Malam Dok

    Nama saya Bayu saya ingin bertanya dok mengapa badan saya kurus sekali dan susah gemuk padahal saya sudah minum susu 5 kali sehari makan 3 kali sehari namun berat badan saya masih saja tetap 41 - 42 padahal usia saya 16 tahun apakah ini mungkin karena waktu kecil saya pernah mengidap paru paru basah?? ataukah sistem pencernaan saya tidak normal dok ??apakah faktor metabolisme saya tidak normal dok ? saya terkadang putus asa dalam hal menggemukan badan karena saya sudah makan yang banyak dengan asupan gizi yang cukup namun masih saja tidak berpengaruh~mohon penjelasanya dok terimakasih~

    Halo,   Sulit naik berat badan bisa disebabkan karena faktor genetik atau faktor lain. Jadi jika ayah / ibu Anda memiliki berat badan yang kecil, maka akan sulit buat Anda untuk memiliki berat badan yang besar (gemuk). Beberapa faktor yang bisa menyebabkan berat badan sulit naik antara lain adalah :

    1. infeksi paru = TBC.
    2. Silent infection.
    3. Gangguan penyerapan
    4. Hipertiroid
    5. Gangguan enzim
    6. Anemia kronis
    7. dll.
    Untuk mengetahui penyebabnya maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan menyeluruh ke dokter. Dengan pemeriksaan seksama seperti tes analisa tinja, tes darah, USG dll untuk mengetahui penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan sesuai dengan kondisi Anda. Untuk membantu menambah berat badan maka Anda bisa melakukan hal seperti :
    1. Makan tinggi kalori seperti nasi kuning, nasi uduk, daging dll
    2. Minum enzim pencernaan
    3. Makan cemilan sehat seperti alpukat, mayonaise, keju, dll
    4. Berolahrga teratur.
    5. Minum minyak ikan.
    6. Makan suplemen sesuai kebutuhan.
    Baca artikel Makan banyak tapi sulit gemuk. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi