Tanya Dokter

  • Penanganan penyakit asam lambung yang kembali kambuh

  • selamat pagi dok, saya perempuan berusia 25 th, hampir 3 minggu ini saya menderita penyakit asam lambung. saya sudah mengkonsumsi obat jenis ppi yaitu lansoprazole dan inpepsa 1 minggu lebih.

    setelah minum obat tersebut saya sudah membaik, tapi ketika hari sabtu kemarin saya coba makan bakso pakai saus, kecap, dan kol. setelah makan bakso tersebut perut saya rasanya kenyang sekali/begah dan itu membuat tidak nyaman ditenggorokan dan nafas menjadi pendek pendek tapi tidak saya minumi obat karena saya ingin lepas dari ketergantungan obat.

     

    dan hari minggunya saya masih merasakan begah maka saya minumi lagi obat ppi tersebut dan lumayan enteng, siangnya saya pempek dan model pake cabe sedikit tiba tiba kumat lagi rasa begahnya (saya tidak makan semua model + pempek tersebut) tanpa makan nasi dari siang hari.

    sorenya saya coba untuk olahraga yoga setengah jam dan senam irama setengah jam badan saya langsung keringatan dan agak mendingan. malamnya saya makan lg sisa makanan td siang dan langsung saja tiba tiba begah muncul kembali, saya minum lagi obatnya. dan saya tidak bisa tidur karena memikirkan besok kembali kerja dan takut dikantor nanti kumat lagi.

     

    pagi ini saya sudah minum obat, tapi rasanya masih ada yg mengganjal di tenggorokan, rasanya mual tapi tidaki muntah, leher kiri kaku, nafas tidak plong, tiba tiba tidak konsen, dan cemas, dan perut sebelah kiri saya rasanya penuh padahal saya sudah makan nasi maupun sedikit.

     

    yang saya ingin tanyakan:

    1. apakah yang membuat saya kembali begah?

    2. berapa lama obat ppi bisa saya konsumsi? mengingat ketika lepas obat rasa begahnya muncul kembali.

    3. apakah cemas saya mempengaruhi asam lambung?

    4. apakah penyakit gerd seperti saya boleh berolah raga senam irama, karena keringatnya jauh lebih banyak ketimbang saya olahraga yoga.

     

    terima kasih dok.

    Salam, Dari imformasi yang Anda sampaikan 1. Secara tidak langsung, Anda sudah memahami apa saja yang memi u keluhan ini. Dengan demikian pencegahan dan pemulihan menjadi hal yang penting. Beberapa pemicu yang bersiko timbulnya GERD: a. Makan tidak teratur dan tidak tepat waktu b. Makan makanan iritasi, pedas,mie, bakso, kopi, makanan bahan dasar kacang-pecel, makanan siap saji, soda, masam c. Stres d. Infeksi pencernaan e. Gangguan liver f. Kurang asupan air g. Tidur larut malam 2. Terapi ppi dapat kita minum sampai 2 minggu, dengan mencegah faktor resiko. Dan setelah pulih, berikan waktu untuk pencernaan Anda terhadap faktor resiko 3. Cemas, gelisah, khawatir, stres bisa memicu keluhan ini 4. Untuk berolah raga, tidak ada larangan, terutama bila fisik kita sudah nyaman untuk beraktifotas Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga gerd. . dr. Ulfi