Tanya Dokter

  • Penyebab penis terasa sakit ketika membesar

  • Saya melakukan hubungan seks dengan istri saya. Saya tidak disunat. Dan ketika saya ejakulasi, ketika cairan keluar dari penis saya, terasa nyeri. Dan saya lihat, kulit penis saya sudah turun ke bawah, kepala penis muncul (seperti orang di sunat). Namun biasanya kulitnya kembali menutup kepala penis. Sekarang kulitnya selalu di bawah kepala penis. Dan ketika penis mendapat rangsangan dan membesar, penis terasa nyeri, karena seperti tertahan kulit (diameter kukit seakan kurang besar dan tak mampu menahan penis yg besar), penis saya terasa diikat, tidak nyaman. Kepala penis saya jija tersentuh rasanya agak ngilu, tidak nyaman. Apakah ini normal? Jika tidak, kenapa? Bagaimana cara mengatasinya?

    Halo,

    Karena Anda belum pernah melakukan sunat, maka kondisi yang Anda alami dapat mengaarah pada parafimosis.

    Parafimosis didefinisikan sebagai tidak bisa kembalinya kulit ujung penis atau preputium ke posisi semula, sehingga kulit ini akan menjepit batang penis. Kondisi ini dapat terjadi secara spontan, misalnya akibat ereksi.

    Kondisi ini merupakan salah satu kondisi kegawatan yang memerlukan penanganan segera karena ditakutkan terjadi penjepitan pada pembuluh darah yang berada di penis. Untuk penangannya sendiri, selain dengan penggunaan obat-obatan, dokter juga akan melakukan prosedur sunat atau sirkumsisi. Oleh karena itu sebaiknya anda segera berkonsultasi ke ahli urologi untuk mendapatkan penanganan terbaik.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

    dr Taneya Putri Zahra