Tanya Dokter

  • Lutut terasa nyeri ketika diluruskan

  • Selamat siang dok, saya triska umur saya 19th, sejak smk kelas 1 lutut saya itu kok sering nyeri ya dok, untuk jalan jauh itu gak bisa pasti nyeri kaya di dalam itu tulangnya berasa kaya lunak semisal di tekuk trus diluruskan pasti berbunyi krek krek agak keras kadang malu juga pas lg sama teman2 karna bunyinya. Terkadang pun saat tidur merasa terganggu karna rasanya kaya kram tp nyeri dan berasa kaya ada yg menopangi beban di kaki. Mohon penjelasannya dok. Terimakasih

    Halo Triska......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami berupa rasa sakit pada lutut, sebenarnya hal yang umum terjadi oleh karena lutut termasuk organ yang rentan mengalami kerusakan dan nyeri, karena fungsinya dalam menopang berat tubuh, terutama pada saat seseorang melompat ataupun berlari.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan rasa sakit pada lutut, diantaranya adalah : cedera pada tulang rawan dan kerusakan tendon ataupun ligamen, Osteoarthritis, penyakit asam urat, Peradangan pada tendon, pendarahan pada sendi, terdapatnya suatu infeksi tertentu pada lutut.

    Gejala yang dapat menyertai sakit lutut yaitu : pembengkakan, lutut yang terasa kaku atau tidak bisa diluruskan, bunyi gemertak pada lutut, permukaan kulit di daerah lutut berwarna kemerahan dan hangat jika disentuh, sendi lutut tidak stabil atau lemas, lutut tidak bisa menahan beban tubuh, perubahan pada bentuk lutut.

    Jika kondisi ini sudah sering Anda alami, maka kami menyarankan segeralah untuk menemui dokter spesialis ortopedi / tulang terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik khususnya bagian lutut, rontgen, USG, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati