Tanya Dokter

  • Wajah berjerawat setelah penggunaan perawatan wajah

  •  Shelvy Diany
    Anggota

    Selamat pagi dok, begini saya sudah sekitar 2 minggu menggunakan serum Natural Pacific Fresh Herb yang digunakan saat malam hari dan pada pagi hari menggunakan essence Natural Pacific Phytoniacin namun dari awal penggunaan serum Fresh Herb tsb timbul jerawat-jerawat besar dan keras di wajah saya awalnya tumbuh di sekitar dagu kemudian di bagian hidung dan sekarang mulai tumbuh di bagian bawah hidung, kira-kira penyebab timbulnya jerawat yg besar dan keras ini karena tidak cocok dengan serum dan essencenya atau memang fase clearing dok?

    terima kasih

    Halo Shelvysmardiany,

    Timbulnya jerawat pada area wajah memang dapat membuat tidak nyaman secara estetika, namun perlu diketahui bahwa jerawat tersebut sebagai penanda bahwa sedang terjadinya suatu reaksi dari wajah kita yang dapat mengindikasikan mengenai kebersihan kulit wajah maupun ketidakcocokan dengan produk wajah yang saat ini sedang anda gunakan.

    Untuk penggunaan skin care saya sarankan anda untuk memakainya satu per satu terlebih dahulu. 1 jenis dipakai +/- 3 hari sampai 1 minggu untuk mengevaluasi kecocokan kulit anda terhadap skin care tersebut. Bila jenis tersebut aman artinya tidak menimbulkan reaksi apapun, anda bisa menggunakan jenis berikutnya. Masing-masing orang memiliki waktu untuk menunjukkan reaksi ketidakcocokan dengan skin care yang digunakan, bisa dalam hitungan menit, jam, hari bahkan minggu.

    Bila keluhan sudah sangat mengganggu maka konsultasikan terlebih dahulu masalah anda ke dokter spesialis kulit untuk menghindari keluhan yang lebih luas. Sebaiknya anda tunda dulu pemakaian produk yang anda gunakan saat ini, sambil rutin membersihkan kulit wajah anda terutama sebelum tidur, sebaiknya pembersih menggunakan produk yang hypoallergenic, tunda pemakaian makeup, lebih baik menggunakan makeup yang comedogenic, tidak memecahkan jerawat anda dengan kondisi tangan yang kurang bersih, penuhi asupan air mineral, hindari rokok dan istirahat yang cukup.

    Terdapat artikel yang dapat anda baca mengenai keluhan anda saat ini.

    Sekian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat ya. Terima kasih.

    Salam, dr.Valan Tauran