Tanya Dokter

  • batuk-batuk yang belum kunjung sembuh

  • Dok, saya menderita penyakit ISPA ringan lebih dari 2 minggu, padahal saya sudah meminum obat yg diberikan oleh dokter di klinik, ISPA yg saya derita mulai membaik saat meminum obat, tapi sampai sekarang saya masih merasakan nyeri sendi dan batuk - batuk saat mengambil nafas dalam, walau keadaan saya sampai saat ini membaik tpi saya lelah dengan penyakit yg saya derita ini tak kunjung sembuh. Setelah obat yg biasa saya minum habis dan demam mulai mereda, Setiap harinya saya lari pagi hampir 2KM jauhnya, saya meminum suplemen vitamin c, zinc dan susu berkalsium 3× sehari, mandi 2× sehari dan tidak merokok lagi, tpi sampai saat ini kondisi saya tetap sama, apakah ada solusi lain untuk menyembukan penyakit ISPA ringan yg saya derita ini?

    Naufal Luthfi Aziz Darmawan  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Naufal, ISPA atau infeksi saluran pernapasan akut merupakan kondisi saat saluran pernapasan mengalami gangguan akibat beberapa kondisi seperti infeksi virus, infeksi bakteri ataupun alergi. ISPA sendiri memiliki beberapa gejala seperti:

    • Hidung tersumbat
    • Batuk-batuk
    • Sakit tenggorokan
    • Paru-paru terasa terhambat
    • Tubuh merasa sakit
    Jika sudah dilakukan pengobatan dan melakukan upaya untuk mempercepat penyembuhan tetapi masih tetap timbul gejala periksakan kembali kondisi Anda pada dokter untuk mencari tahu penyebabnya. Dokter akan kembali melakukan wawancara mengenai gejala yang timbul, melakukan pemeriksaan fisik dan juga melakukan beberapa pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan seperti lab darah, foto rontgen, pemeriksaan sampel dahak, ataupun pemindaian dengan CT scan jika diperlukan. Tes fungsi paru juga dapat dilakukan. Jaga pula kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan serta hindari menyentuh wajah sebelum mencuci tangan untuk menghindari penyebaran virus dan infeksi, gunakan alat pelindung diri seperti masker ketika berada di tempat umum. Semoga bermanfaat, dr. Adhi P.