Tanya Dokter

  • cara mengatasi alergi obat

  •  Regar PosMa
    Anggota

    bagaimana cara mengatasi mata bengkak karna alergi obat pegal2 dok?

    Halo Regar,

    Reaksi alergi merupakan salah satu reaksi sistem kekebalan tubuh yang salah menafsirkan paparan suatu hal tertentu, yang sebenarnya tidak berbahaya, sebagai ancaman bagi tubuh. Reaksi alergi pada setiap orang tidak sama tergantung pada reaksi sistem kekebalan tubuh masing-masing orang. Beberapa hal yang dapat menyebabkan reaksi alergi misalnya: debu, serbuk sari, bulu hewan, kutu rumah, makanan (seperti telur, makanan laut, kacang), obat-obatan (misalnya antibiotik, obat antiradang non steroid (non-steroidal antiinflammatory drug/NSAID)), gigitan serangga, dan lainnya.

    Reaksi alergi yang muncul pun dapat bermacam-macam mulai dari yang reaksi biasa seperti ruam kemerahan yang gatal, mata bengkak, mata berair, bibir bengkak sampai yang lebih kompleks dan tidak jarang mengancam nyawa misalnya jantung berdebar-debar, kram perut, mual-muntah, diare, sesak napas.

    Pada umumnya reaksi alergi muncul akibat produksi histamin dalam darah sehingga untuk mengatasinya dibutuhkan antihistamin seperi misalnya CTM, loratadine. Untuk kasus yang lebih buruk tidak jarang dibuthkan juga obat antiradang misalnya golonga steroid. Sedangkan untuk kasus yang mengancam nyawa misalnya sesak napas, penderita sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Untuk saat ini Anda dapat mencoba minum obat antihistamin secara teratur sampai gejala hilang. Jika gejala tidak kunjung membaik dalam 2-3 hari, silakan Anda memeriksakan diri ke dokter.

    Hindari obat yang dapat menyebabkan reaksi alergi tersebut di kemudian hari, termasuk obat lain yang termasuk golongan obat tersebut. Anda dapat mendiskusikan hal ini dengan dokter.

    Smeoga informasi ini berguna.

    dr. Aloisia

    Regar PosMa  Regar PosMa
    Anggota

    terimakasih banyak dokter