Tanya Dokter

  • Mengatasi gatal biduran yang tepat

  •  Nana919
    Anggota
    Selamat malam dok, saya ingin bertanya. Sejak dua tahun belakangan, saya terkena alergi seperti biduran. Saya selalu mengalaminya ketika cuaca panas terik sekali (baik itu pagi atau malam) maupun dingin sedinginnya. Biduran itu terasa sangat panas dan gatal sehingga baik saat panas ataupun hujan, tubuh saya mesti saya dinginkan. Saya belum pernah konsultasi ke dokter kulit sebelumnya. Hanya ke dokter umum kenalan. Beliau menyarankan untuk meminum cetirizen setiap kali mulai terasa gatal. Dan entah kenapa setiap dua hari sekali saya jadi minum obat itu rutin. Saya pernah mencoba tidak minum, biduran itu tidak hilang hingga keesokan harinya. Bahkan saya tidak bisa tidur karena terasa sangat gatal dan panas. Jadi dokter, apa ada solusi untuk alergi saya ini? Apa ada sesuatu yang membuat saya tidak mengkonsumsi cetirizen terus menerus? Terima kasih.
    Nana919  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Nana919,

     

    Biduran (urtikaria) merupakan terjadinya peninggian permukaan kulit akibat adanya reaksi peradangan pada permukaan kulit. Munculnya biduran dapat disertai dengan warna kemerahan atau putih Biduran biasanya dapat disebabkan karena beberapa kemungkinan penyebab diantaranya :

    • Dermatitis kontak alergi
      • Pada kondisi ini, terdapat riwayat alergi yang dapat disebabkan karena makanan, bulu binatang, debu, obat atau perubahan suhu sehingga menyebabkan biduran yang disertai dengan gatal.
    • Gigitan serangga
      • Pada gigitan serangga seperti nyamuk, dapat memberikan reaksi pada kulit berupa biduran (bentol) dan gatal.
      • Dermatitis kontak iritan
        • Pada dermatitis kontak iritan, terjadi paparan terhadap benda yang berulang-ulang sehingga menimbulkan iritasi misalnya sarung tangan berbahan lateks, sabun cuci detergen sehingga menimbulkan reaksi peradangan salah satunya biduran disertai dengan rasa gatal.

           

          Alergi merupakan munculnya reaksi peradangan pada tubuh yang dapat terjadi karena adanya paparan zat atau partikel tertentu pada tubuh seperti pada kulit, saluran nafas, ataupun saluran cerna dan dapat juga terjadi pada bagian tubuh lain. Beberapa partikel yang secara umum menyebabkan reaksi alergi diantaranya suhu (panas atau dingin), makanan, obat-obatan, serbuk tanaman, debu atau gigitan serangga.

           

          Beberapa hal yang dapat dilakukan pada keluhan biduran karena reaksi alergi diantaranya :

           

          • Menggunakan selimut dan baju tidur panjang saat malam hari untuk menjaga suhu badan tetap hangat
          • Mengatur suhu ruangan agar tetap hangat
          • Hindari untuk menggaruk biduran yang gatal untuk mencegah luka yang dapat menjadi infeksi
          • Menaburkan bedak dengan bahan mentol untuk meredakan sensasi gatal
          • Mengompres menggunakan air dingin pada bagian biduran yang gatal
          • Berolahraga

           

          Cetirizine adalah obat golongan antihistamin yang berfungsi untuk menghilangkan reaksi alergi yang terjadi di dalam tubuh dan penggunaan obat ini harus atas instruksi dari dokter dan apabila rasa gatal dan biduran terus muncul dan mengganggu dalam beraktivitas, sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter terutama untuk mengatasi reaksi alergi yang kerap muncul sehingga dapat diberikan alternatif dalam pengobatan dan anjuran yang dapat diterapkan untuk mengatasi reaksi biduran karena alergi yang kerap anda alami.

           

          Semoga informasi ini bermanfaat.

           

          Salam,

           

          dr. Irvandi