Tanya Dokter

  • mengatasi gatal di selangkangan

  • Begini dok, sebenarnya yang gatal bukan di bagian V nya. Melainkan di sekitar nya, seperti selangkangannya. Lalu berubah warna menjadi hitam juga seperti berganti kulit. Ini kenapa ya dok, lalu bagaimana mengatasinya?

    Hai Umi,

    Gatal yang timbul di area sekitar vagina dan selangkangan umumnya disebabkan oleh infeksi jamur/tinea cruris. Gejalanya adalah timbul ruam kemerahan berbentuk setengah lingkaran yang terasa sangat gatal dan panas. Ruam dapat timbul di sekitar area kemaluan, selangkangan, paha bagian dalam atau bokong. Bila kondisi semakin parah ruam dapat menebal dan menyebar ke jaringan sekitarnya. Karena timbul rasa yang sangat gatal penderitanya cenderung menggaruknya sehingga timbul iritasi kronis yang menyebabkan kulit mengelupas dan berwarna kehitaman.

    Namun demikian, selain akibat infeksi jamur, gatal di area sekitar vagina dan selangkangan dapat pula disebabkan oleh kondisi medis yang lain seperti:


    Penanganan bagi setiap kondisi tentunya akan berbeda-beda tergantung pada penyebabnya. Bila penyebabnya adalah infeksi jamur maka kondisi ini dapat ditangani dengan pemberian obat antijamur, baik dalam bentuk krim, salep, maupun obat minum. Eksim atau reaksi alergi dapat ditangani dengan pemberian obat kortikosteroid dan antihistamin. Sedangkan bila disebabkan oleh infeksi bakteri maka diperlukan pengobatan dengan antibiotik yang diresepkan oleh dokter.

    Oleh karena itu sebelum dapat menentukan pengobatan yang tepat bagi Anda tentunya terlebih dahulu harus dipastikan penyebabnya. Sebaiknya Anda menemui dokter agar ruam kulit yang timbul dapat diperiksa secara langsung. Tes penunjang mungkin akan dianjurkan oleh dokter jika diperlukan, seperti tes kerokan kulit, tes darah atau tes kulit. Dengan demikian penyebabnya dapat diidentifikasi sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Untuk mengurangi timbulnya keluhan berikut ini anjuran bagi Anda:

    • Menjaga kebersihan kulit dan mandi secara teratur 2 kali sehari
    • Kenakan pakaian dalam yang berbahan katun, tidak ketat, dan dapat menyerap keringat dengan baik
    • Mengganti pakaian dalam secara teratur minimal 2 kali sehari
    • Hindari menggaruk area kulit yang gatal
    • Mencuci pakaian dalam, pakaian dan handuk secara terpisah dengan air panas
    • Hindari berbagai barang pribadi (pakaian, handuk, sprei, selimut) dengan orang lain


    Informasi berikut ini dapat berguna:

    Penyebab gatal pada selangkangan                              
    Gatal di kemaluan

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman