Tanya Dokter

  • mengatasi berat badan berlebihan pada anak

  •  echa binta
    Anggota

    selamat sore dok, 

    sya mau bertanya anak sya umur nya 3th berat badan nya 19kg bagaimana cara mengatasai berat badan berlebih pada anak dan anak saya sangat banyak minum susu klo tidur malam bagaimna cara mengatasi nya

    Hallo Ibu Echa

    Menrutu standar penilaian status gizi anak yang di atur oleh Menteri Kesehatan RI, berat badan yang ideal untuk anak usia 3 tahun (36 bulan) adalah berkisar 15 kg, berat badan 19 kg termasuk pada kondisi berat badan berlebih/gemuk.

    Banyak hal yang mempengaruhi sehingga anak-anak menjadi mengalami kegemukan atau obesitas seperti faktor genetik, kurangnya aktivitas fisik, kebiasaan pola makan yang buruk, hingga masalah gangguan hormon.

    Obesitas pada anak berisiko menyebabkan kondisi medis seperti peningkatan tekanan darah (hipertensi), gangguan jantung, diabetes, gangguan tulang, masalah pada kulit (infeksi jamur, jerawat, biang keringat).

    Untuk mengatasi obesitas pada anak diperlukan peran serta orang tua dan anggota keluarga lainnya, maka itu hindari memarahi anak apabila banyak makan/minum susu, namun sampaikan kepada anak dengan baik bahwa perlu menjaga berat badan supaya sehat, sehingga ada kesadaran dari darinya juga. Namun jangan memaksakan anak sehingga diberikan sedikit makanan ataupun menakut-nakutinya supaya tidak makan, namun buatlah dirinya termotivasi untuk melakukannya dengan kemauannya sendiri.

    Anak pada umumnya meniru apa yang dilihatnya, maka itu langkah yang tepat adalah mengubah kebiasaan keluarga Anda mulai dari secara bertahap mulai melakukan olahraga seperti ber-sepeda, jalan pagi hari, berenang, dsb nantinya anak Anda akan ikut melakukan olahraga tersebut, kemudian ubah pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi oleh keluarga, sehingga anak Anda pun akan meniru hal tersebut.

    Hindari juga kebiasaan keluarga untuk berlama-lama menonton tv, bermain hp yang nantinya akan di tiru oleh anak sehingga aktivitas fisiknya menjadi sedikit. Itulah perlunya peran satu keluarga sehingga anak Anda tidak merasakan bahwa dirinya di suruh menurunkan berat badan serta mengajarkan pola makan yang baik tanpa disadarinya.

    Artikel terkait untuk disimak 


    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold