Tanya Dokter

  • Mengatasi cedera lebih lanjut pada pergelangan tangan

  • Ass... Dok 2 minggu lalu aku kecelakan dan pergelangan tangn kanan aku patr sekarang ko jadi gk bisa utuh lebih miring kekiri bagai mana mengatasi nya dok... Makasi wasalam

    Hai,

    Terima kasih atas pertanyaannya…

     

    Anda mengalami patah tulang sejak 2 minggu yang lalu itu, anda melakukan operasi atau tidak ya? Sehingga terjadi komplikasi pada tangan anda menjadi bentuknya tidak sempurna.

    Sebenarnya dokter akan melihat jenis patahan dan apakah terjadi komplikasi pada proses penyembuhan patah tulang Anda untuk menentukan jenis terapi selanjutnya.

    Prinsip dari kondisi patah tulang merupakan reposisi atau mengembalikan posisi patahan tulang ke posisi semula dan melakukan imobilisasi (menahan reposisi tersebut) sehingga diharapkan dalam beberapa waktu ke depan tulang yang patah mulai sembuh dan berfungsi kembali. Patah tulang yang tidak sempurna penyembuhannya dapat menimbulkan gangguan pada tulang, salah satunya adalah mal union. Mal union merupakan suatu gangguan pada penyembuhan patah tulang yang tidak sempurna dan menyebabkan perubahan bentuk anatomi tulang. Kondisi ini dapat menyebabkan pemendekan maupun pemanjangan tulang dibandingkan dengan tulang di sisi lainnya. Selain itu, dapat menimbulkan rasa nyeri bahkan pembengkakan di area tersebut.

    Mungkin saja terapi penyembuhan tulang yang Anda alami memerlukan beberapa tahap prosedur tergantung kepada derajat keparahan penyakit, misalnya pematahan tulang ulang pada lokasi patahan sebelumnya, kemudian direposisi dan difiksasi agar penyembuhannya lebih baik. Proses penyembuhan ini bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu atau hitungan bulan, tergantung dari jenis, keparahan patah tulang, serta kepatuhan dalam menjalani instruksi dari dokter. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter bedah tulang yang tentunya memiliki kompetensi mengenai hal ini. Pastikan pula anda menjaga asupan nutrisi kalsium dan vitamin D agar proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

     

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : Patah tulang

     

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

     

    dr. Adriana