Tanya Dokter

  • Mengatasi demam pada anak usia 9 tahun

  •  valelya
    Anggota
    Dok..gmn cara mengatasi demam pada ank umr 9th?...dia nggak mau makan..nggak mau minum..cm nangis dan ngamuk2...ditnya nggak respon..mungkin panasny tlu tinggi 39.5°
    valelya  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo valelya,

    Demam merupakan kondisi meningkatnya suhu tubuh diatas 37,5 derajat celcius yang dapat terjadi ketika tubuh melawan infeksi. Demam sendiri memiliki banyak penyebab baik infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, ataupun parasit baik pada saluran pernapasan, saluran pencernaan atau saluran kemih, kurang cairan, pasca imunisasi, ataupun akibat paparan matahari yang terlalu lama. Demam sendiri perlu dilakukan pengukuran dengan termometer agar diketahui pasti panas anak dan jangan hanya bergantung dari rabaan tangan.

    Untuk mengatasinya beberapa upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan obat penurun panas yaitu paracetamol yang dosisnya disesuaikan, memberikan lebih banyak cairan, mengompres anak dengan air biasa atau air hangat, membuat lingkungan anak tetap sejuk, dan hindari menutup anak dengan jaket tebal atau selimut tebal.

    Jika anak timbul gejala dehidrasi, anak tampak lemah dan lebih banyak tidur, halusinasi, demam disertai ruam, disertai muntah dan diare, kejang ataupun gangguan dalam bernapas segera bawa anak ke IGD rumah sakit untuk mendapatkan penanganan. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan untuk mencari tahu penyebab dari demam anak dan memberikan pengobatan sesuai dengan penyebabnya.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.