Tanya Dokter

  • gatal hingga muncul bintik-bintik merah

  • pagi dok, saya mau tanya. 3minggu lalu badan saya gatal & bintik-bintik merah . awal nya sih saya menganggap biasa karena memang kulit saya alergi dengan cuaca lembab & dingin. Setelah 1 minggu saya berobat saya mau minta rujukan ke dokter kulit tapi kata dokternya tidak apa-apa itu kan alergi pasti bakal sering kambuh cukup ada persediaan obat saja katanya saya diberi cetirizin & obat radang. Memang setelah minum obat berangsur-angsur membaik. tapi di sekitar paha  selangkangan dan perut masih ada bintik2 merah dan jadi menghitam. Bagaimana solusinya dok terima kasih

    Dear Santie, Gatal disertai bintik merah dapat disebabkan oleh:

    Sebaiknya konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan menganalisis gejala yang Anda alami dan melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan penunjang seperti tes alergi dapat dokter anjurkan apabila ada indikasi. Terapi yang sesuai akan dokter berikan. Anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • hindari menggaruk area yang gatal karena dapat melukai kulit dan mengundang infeksi sekunder oleh bakteri
    • manajemen stres dengan bijak
    • konsumsi makanan bergizi seimbang secara teratur
    • minum air putih dalam jumlah cukup minimal 10 gelas setiap hari
    • miliki waktu yang cukup untuk beristirahat dan tidur
    Artikel yang dapat Anda baca: Risiko penyakit di balik gatal Semoga bermanfaat dan salam, dr. Rony Wijaya

    Siang dok, dok saya udah tiga kali berobat tapi hasilnya msih tetep sama. kalau gatalnya sudah sedikit berkurang, tapi di area selangkangan dan perut bawah kulit nya jadi hitam banget. kemaren waktu ke berobat katanya jamur dan di kasih obat citirizin ,  ketoconazole krim sama tablet, krim hidrokotison.    Apa ada obat selain itu yang bisa membatu penyembuhan secara cepat dan Apa kulit yang menghitam itu bisa kembali seperti semula ?!