Tanya Dokter

  • mengatasi gatal dan perih pada vagina

  •  Cut Fauzhia
    Anggota

    Dok,saya mau tanya.. 3hari terakhir ini vagina saya sering merasa gatal.dan skrg makin parah.. bhkan disertai keputihan yg tebal teksturnya bhkn khijauan.. itu knp ya dok.. bhkn sampai bengkak.. saya takut klo ada apa2 dok.. mohon pnjelasannya.

    Halo,   Keputihan disertai gatal dan keluhan lain merupakan indikasi adanya infeksi pada organ wanita Anda. Penyebab infeksi tersering pada organ intim biasa diakibatkan karena :

    1. Infeksi trikomonas.
    2. Infeksi candida.
    3. Infeksi gonore.
    4. Chlamidia.
    5. Vaginosis bakterial.
    6. Iritasi akibat penggunaan kondom, pembalut, sabun dan produk pembersih kewanitaan yang menyebabkan kondisi gatal dan alergi pada kulit
    7. Dermatitis.
    8. Infeksi kutu
    9. dll.
    Untuk pemastian infeksi yang menyerang organ intim Anda maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter kandungan dan melakukan tes medis seperti tes lendir keputihan, tes darah, tes urine, tes kerokan klit dlll yang diperlukan. Dengan pemeriksaan diatas diharapkan penyebab permasalahan Anda akan diketahui sehingga penanganan bisa diberikan sesuai dengan penyebab keluhan Anda. Untuk mengurangi gejala gatal dan keluhan keputihan Anda maka Anda bisa melakukan beberapa langkah sederhana seperti :
    1. Membersihkan organ intim secara benar dengan membasuh organ intim Anda menggunakan air hangat / suam kuku (air bersih/matang lebih diutamakan) dan membersihkan organ intim Anda dari arah depan ke belakang.
    2. Lap kering organ intim Anda sehabis BAB/ BAK.
    3. Gunakan celana dalam yang tidak ketat dan berbahan katun.
    4. Gunakan bawahan yang sedikit longgar.
    5. Gunakan pembalut yang tidak menimbulkan reaksi gatal / alergi.
    Baca topik Keputihan hijau dan gatal. Semoga bermanfaar.   dr. Yusi