Tanya Dokter

  • penyebab muncul benjolan kecil di penis

  •  Permata Sary
    Anggota

    siang dokter, saya sari, usia 23 thn, saya mau tanya dok, saya baru menikah bulan kemarin, trus tadi mlam pas saya dan suami saya lagi gabung di penis suami saya ada semacam kutil gtu dok,ukurannya kecil da jumlahnya banya,setelah saya tanya suami saya dan suami saya jawab itu dialami semenjak suami saya SMA, yang mau saya tanya, apakah itu menular sama saya??

    Permata Sary  Permata Sary
    Anggota

    Permata Sary November 18, 2016 at 1:03 pm siang dokter, saya sari, usia 23 thn, saya mau tanya dok, saya baru menikah bulan kemarin, trus tadi mlam pas saya dan suami saya lagi gabung di penis suami saya ada semacam kutil gtu dok,ukurannya kecil da jumlahnya banya,setelah saya tanya suami saya dan suami saya jawab itu dialami semenjak suami saya SMA, yang mau saya tanya, apakah itu menular sama saya??
     

    Hai Permata, Bila benjolan di penis sudah timbul sejak lama dan tanpa keluhan (tidak gatal, tidak nyeri dan sebagainya), ada kemungkinan kondisi ini disebabkan oleh pearly penile papule. Pearly penile papule timbul sebagai bintik putih yang berderet di sekeliling kepala penis, umumnya dialami oleh pria yang tidak disunat. Kondisi ini merupakan hal yang tidak berbahaya, tidak menular, dan tidak memerlukan penanganan khusus. Selain itu benjolan penis dapat pula disebabkan oleh kutil kelamin, yaitu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi HPV/human papilloma virus. Gejalanya adalah timbul kutil yang terasa gatal, dapat tumbuh satu persatu maupun bergerombol membentuk kembang kol atau jengger ayam. Kutil kelamin ditularkan melalui kontak seksual dan memerlukan penanganan lebih lanjut, baik dengan pengobatan topikal (salep, krim, cairan kimia) maupun prosedur ablasi (eksisi, bedah laser, bedah listrik). Namun demikian, benjolan penis dapat juga disebabkan oleh beberapa kondisi medis yang lain seperti:

    Mengingat terdapat berbagai kemungkinan penyebabnya, untuk memastikannya sebaiknya suami Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar benjolan yang timbul dapat diperiksa secara langsung. Melalui pemeriksaan fisik dan tes penunjang jika diperlukan (seperti tes darah dan sebagainya) dokter akan menganalisis penyebabnya dan menentukan penanganan yang tepat bagi suami Anda. Berikut ini anjuran bagi suami Anda:
    • Menjaga kebersihan area kelamin
    • Kenakan pakaian dalam yang berbahan katun dan tidak ketat
    • Mengganti pakaian dalam secara teratur
    • Hindari memencet atau memecahkan benjolan penis yang timbul
    • Gunakan pengaman (kondom) saat berhubungan intim selama keluhan belum ditangani/dipastikan penyebabnya
    Artikel berikut ini memuat topik yang terkait: Penyebab benjolan di penis Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman