Tanya Dokter

  • Mengatasi rasa lemas pada penderita TB paru

  •  Dwi Y. Intan
    Anggota
    Dok ibu saya menderita tb paru, sedang menjalani pengobatan, beliau terus mengekuarkan kringat yang membuatnya lemas dok.. Adakah cara mengatasinya?

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Tuberkulosis atau disingkat TBC merupakan penyakit infeksi menular paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Adapun gejala yang ditimbulkan antara lain batuk selama 21 hari atau lebih, batuk berdarah, sesak nafas, penurunan berat badan, tidak nafsu makan, demam, berkeringat berlebihan pada malam hari, dan kelelahan. Selain paru-paru infeksi tuberkulosis juga bisa terjadi pada otak, tulang, saluran cerna, kelenjar limfe dan kulit.

    Penyebab pasti berkeringat malam hari pada penderita TBC masih jadi perdebatan. Namun beberapa literatur menyatakan keterkaitan dengan sistem kekebalan tubuh dan hormonal. Keringat berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi. Untuk itu perhatikan asupan cairan yang cukup.

    Selain kemungkinan terjadi dehidrasi, lemas juga bisa disebabkan oleh reaksi sistem kekebalan tubuh dengan infeksi tuberkulosis itu sendiri. Jadi untuk membantu mengatasi lemas, pengobatan sebaiknya terus dilanjutkan, disertai pemberian nutrisi dan cairan yang adekuat.

    Jika Anda tetap merasa khawatir dan muncul gejala lain yang ikut menyertai, sebaiknya segera diperiksakan kembali ke dokter.

    Untuk menambah informasi, Anda bisa membaca artikel berikut: https://www.alodokter.com/tuberkulosis/gejala

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.