Tanya Dokter

  • Sudah 8 bulan tidak haid dan solusinya

  •  OyiZh
    Anggota

    Edisi bantu kawan cari info ; ♏ǟƱ tnya niie dok. Tman saya Ǚ​​​D̶̲̥̅̊α 8 bulan tidak haid. Umurnya 21. Apakah itu hal yang wajar??? Ataukah ada penyakit serius? Bagaimana menanganinya dok??

    OyiZh  dr. Rico N
    Dokter

    Hai OyiZh, Tidak mengalami menstruasi pada seorang wanita disebut amenore. Disebut amenore primer jika seorang wanita yang telah menunjukkan kematangan seksual (seperti pertumbuhan bulu kelamin, pembesaran payudara) belum juga endapat mens hingga usia 16 tahun. Disebut sekunder jika sudah permah menstruasi tetapi kemudian mengalami berhentinya menstruasi lebih dari 3 bulan. Sehingga dari apa yang anda jabarkan dapat disimpulkan teman anda mengalami amenore sekunder. Kondisi ini tidak wajar dan perlu ditelusuri penyebabnya, beberapa gangguan yang dapat menyebabkan amenore sekunder :

    1. Kehamilan
    2. Menyusui, penggunaan KB, menopause
    3. Penurunan berat badan berlebihan, kelainan makan seperti anoreksia nervosa dan bulimia, olahraga berlebihan (misal pada atlit lari jarak jauh)
    4. Gangguan hormon
    5. PCOS / sindoma ovarium/indungtelur polikistik
    6. Sindrom cushing
    7. Tumor otak tertentu
    8. Kelainan bawaan
    9. Stress / gangguan dan masalah psikologis
    Saya sarankan agar anda mengunjungi dokter spesialis kandungan untuk penelusuran lebih lanjut untuk mengetahuo penyebab berhentinya menstruasi tersebut. beberapa tautan yang mungkin bermanfaat : menstruasi mewaspadai menstruasi tidak normal diskusi mengenai amenore termasuk hal-hal yang dapat dilakukan dirumah demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.