Tanya Dokter

  • Mengatasi vagina yang gatal

  • Hallo dok, saya wanita usia 23thn dan belum menikah , keluhan saya adalah diarea miss v saya terutama tempat keluarnya air seni selalu terasa gatal dan ketika ingin pipis yg keluar cuman sedikit, apakah saya mengidap penyakit yg berhubungan dengan miss v? Mohon saran dan bagaimana mengatasinya

    Halo Hikmah......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa gatal pada vagina, dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya adalah : infeksi jamur, ketidakcocokan krim atau cairan pembilasan vagina, tingkat esterogen yang tidak stabil pada wanita menjelang menstruasi, ketidakcocokan pembalut pada saat menstruasi, bahan kimia dari sabun atau produk pembersih tubuh lain, penyakit kudis / skabies, terkena deterjen, stres psikologis, infeksi bakteri, dan lain sebagainya.

    Pada dasarnya vagina yang terasa gatal merupakan suatu hal yang tidak normal. Oleh karena itu jika memang ini sudah lama terjadi, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter terlebih dahulu, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Tips untuk Anda : ikuti saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, selalu jaga kebersihan organ intim, pakai celana dalam yang Longgar dan terbuat dari bahan Katun, selalu Cebok dengan arah dari depan kebelakang bukan sebaliknya setelah buang air kecil ataupun buang air besar, hindari mengaplikasikan bahan - bahan kimia tertentu ke organ intim seperti parfum/ deodoran/ lotion/ bedak. 

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    GATAL PADA VAGINA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati