Tanya Dokter

  • Mengatasi mual dan muntah saat naik bis

  • Dok, mau tanya, saya selalu mual dan muntah kalau naik kendaraan tertutup (kecuali kereta). Dan saya selalu mual kalau hidung saya mencium bau asap bis ataupun Mobil. Boleh tau cara mengatasinya dok? Saya sudah sering naik Mobil ataupun bis, tetapi tetap saja hal itu (mual dan muntah) terjadi. Saya juga sudah meminum obat anti mabok tapi tetap saja saya muntah-muntah. Terima kasih.

    Hallo Nuril

    Keluhan yang Anda alami dipicu akibat mencium bau dari bis ataupun mobil, berbeda dengan kondisi mabuk perjalanan (motion sickness) yang adalah gejala pusing dan mual bahkan muntah akibat berada didalam suatu kendaraan/tempat yang bergoncang-goncang sehingga saraf-saraf keseimbangan mengalami gangguan.

    Rasa mual yang dialami oleh Nuril adalah akibat bau-bauan yang ada di kendaraaan tersebut, maka itu untuk mengatasinya bisa dengan cara memberikan wewangian seperti pewangi mobil, menggunakan parfum, atau minyak gosok/kayu putih/telon, menghirup buah jeruk, kopi, dsb  (beberapa orang justru nyaman dengan wewangian tertentu namun bagi orang lain justru bisa sebaliknya memicu mual)

    Selain itu saat melakukan perjalanan jauh usahakan makan namun tidak terlalu banyak. Makan terlalu banyak akan cenderung memicu mual apalagi jika perjalanan tidak mulus akibat jalan berkelok-kelok atau berbatu-batu. Tidak makan sebelum melakukan perjalanan juga akan membuat produksi asam lambung meningkat yang nantinya memicu mual, muntah dan sakit lambung.

    Tidur saat melakukan perjalanan juga dapat menguragi rasa mual, karena saat tertidur Anda tidak akan terlalu fokus akan bebauan ataupun gerakan-gerakan pada kendaraan yang di tumpangi. Jika sulit tertidur Anda bisa menutup mata sambil mendengarkan musik.

    Hindari juga membaca atau bermain game saat berada didalam kendaraaan, karena akan memicu mata berusaha fokus pada benda yang cenderung bergerak-gerak (buku/layar hp) akibat berada didalam kendaraan yang sedang melaju yang nantinya akan memicu sensasi pusing dan mual 

    Artikel terkait untuk Nuril simak adalah mengenai Obat Mabuk Perjalanan, Teman Di Kala Traveling

    Demikian informasi yang dapat disampaikan

    dr. Arnold