Tanya Dokter

  • Penyebab sulit BAB dan keluar darah

  • Siang dok, wktu itu saya susah bab perut terasa mules tpi tidak kunjung bab. Sudah 5 hari saya merasakan tdk enak perut karna tdk bab. Saya coba pakai microlax yg dimasukin ke anus, dan akhirnya keluar lah feses tsb. Setelah menggunakan microlax hari2 kedepan nya saya bab lancar tiap hari meskipun kadang feses nya normal & mencret. Jeda 10 hari saya skrng merasakan susah bab lgi dok feses terasa keras saya takut berdarah lagi klo dipaksakan. Karna wktu bln kemarin saya bab nya berdarah, warna darah merah segar netes & terpisah dri feses. Jdi sekarang saya takut klo bab feses nya keras. Takut luka anus nya. Pdhl skrng saya sudah menjaga makanan, lebih banyak mkn yg berserat. Tpi knpa seperti ini lagi ya dok? Terakhir saya bab kemarin jum'at bab nya mencret. Sabtu, minggu, senin (hari ini) blm kunjung bab. Trus saya mau tanya jika skrng pakai microlax lgi tidak apa2 dok? Karna perut & badan terasa ga enak klo feses ga dikeluarin dok.

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Kondisi yang Anda alami dikenal dengan istilah konstipasi. Yaitu keadaan dimana seseorang merasa sulit atau BAB tidak lancar. Secara umum seseorang dianggap konstipasi atau sembelit bila BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu. Dan konstipasi ini terkadang menyebabkan rasa sakit atau tidak nyaman pada tubuh. Tinja yang keras seringkali dapat menyebabkan BAB berdarah dan pada akhirnya akan menimbulkan wasir atau hemorrhoid. Jadi memang perlu diketahui terlebih dahulu kemungkinan faktor resiko penyebab konstipasi pada Anda.

    Beberapa faktor resiko yang dapat menimbulkan konstipasi adalah:

    • Pola makan yang buruk (kurang konsumsi serat atau kurang minum)
    • Jarang berolahraga
    • Mengabaikan keinginan buang air besar
    • Stress
    • dsb

    Untuk dapat lebih mengetahui kemungkinan faktor resiko apa yang terdapat pada diri Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter agar dapat dilakukan tanya jawab lebih lanjut dan pemeriksaan fisik yang terkait dengan keluhan Anda. 

    Penggunaan obat pencahar memang sangat membantu untuk mengatasi keluhan konstipasi ini. Meskipun dijual bebas namun sebaiknya Anda membaca panduan penggunaan pada kemasan obat tersebut. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dari penggunaan obat pencahar ini adalah:

    1. Sebagian besar obat pencahar hanya dikonsumsi pada waktu tertentu seperti pada saat bangun pagi atau mau tidur
    2. Pastikan konsumsi cukup air selama penggunaan obat pencahar
    3. Patuhilah dosis penggunaannya agar tidak timbul efek samping yaitu diare
    4. Perhatikan efek samping yang mungkin timbul seperti mual atau rasa kembung
    5. Obat pencahar tidak digunakan secara terus menerus. Segera hentikan penggunaan bila konstipasi sudah teratasi
    6. Hindari penggunaan obat pencahar secara bersamaan

    Bila memang frekuensi BAB anda masih kurang dari 3x dalam satu minggu, tidak apa-apa untuk menggunakan microlax dan ikuti petunjuk penggunaan obat pencahar. Namun sebaiknya ubah terlebih dahulu pola makan dan pola hidup Anda untuk menyehatkan saluran pencernaan untuk beberapa waktu. Bila perlu berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam terkait dengan kondisi Anda saat ini.

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati