Tanya Dokter

  • mencegah dan mengatasi komedo

  •  Uli Iskandar
    Anggota
    Halo dok, saya mempunyai tahi lalat pada bagian hidung saya, ukurannya sebesar biji kacang hijau mendatar. Setahun terakhir saya sangat senang menggunakan make up. Tapi saya amati selama setahun terakhir disekitar pinggiran tahi lalat saya ada pori2 yg membesar seperti tersumbat. Padahal saya selalu rajin double cleansing. Kadang jika sudah agak menonjol saya pencet pelan dan yg keluar adalah komedo putih/sebum, pertanyaan saya : bagaimana cara mencegah pori2 tersumbat disekitar tahi lalat di hidung saya? dan bagaimana cara mengecilkan pori2 nya? Saya mengetahui memencet komedo bukan hal yg benar apalagi jika komedo-nya ada disekitar pinggiran garis tahi lalat, saya takut jika saya terus memencetnya tahi lalat saya jd iritasi dan membesar. Terimakasih sblmnya.

    Salam,

    Pada daerah hidung, pori kulit tampak lebih besar dari sekitarnya.Dan pada daerah ini, atau daerah T,produksi minyak kulit cukup tinggi,sehingga memicu terjadinya timbunan keratin pada kulit hidung. Namun,dengan timbunan keratin atau komedo yang terjadi pada tahi lalat, hal ini menunjukkan adanya kemungkinan suatu comedonal nevus atau bentukan komedo pada area epidermal nevus yang merupakan suatu pertumbuhan berlebih pada lapisan kulit terluar.

    Menjaga kelembaban area T dapat membantu mengurangi penumpukan keratin pada area tahi lalat dan hidung. Tindakan mengeluarkan secara mandiri dari keratin ini dapat beresiko menyebabkan komplikasi berupa:

    1. infeksi

    2. kista

    3. abses

    4.bekas luka

    Bila kondisi ini semakin mengganggu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk pemeriksaan dan evalausi keluhan ini. Pengobatan jerawat comedonal dapat diterapkan pada kondisi ini, namun diperlukan pemeriksaan dan evalausi langsung oleh dokter serta pengawasan pengobatan oleh dokter. Dengan demikian, untuk saat ini Anda dapat menunggu sampai bertemu dengan dokter kulit Anda.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga comedonal nevus.

    dr. Ulfi