Tanya Dokter

  • Mengecilkan lengan atas

  • Dok,saya remaja usia 15 tahun,ingin mengecilkan lengan bagian atas,bagaimana caranya dok? Bahu saya juga terlihat sangat lebar.

    Halo Shakila

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Manusia akan terus tumbuh dan berkembang hingga kira-kira usia 21 tahun. Biasanya masa remaja merupakan salah satu masa dimana tubuh memerlukan asupan energi dari makanan untuk berkembang. Namun makanan yang dikonsumsi haruslah makanan yang sehat dan kaya akan vitamin dan akan lebih bagus bila memiliki kandungan lemak yang sedikit.

    Untuk mengecilkan lengan yang bergelambir cukup erat kaitannya dengan olahraga dan menjaga pola makan tersebut. Untuk daerah lengan atas beberapa latihan khusus yang dapat dilakukan adalah:

    • Press up. Pada dasarnya gerakan ini sama seperti push up. Dengan posisi awal tengkurap, bentuklah garis miring dari ujung kepala hingga ujung kaki, kemudian luruskan lengan , setelah itu turunkan dengan menekuk sendi siku sampai ketinggian dada sekitar 5 sentimeter di atas lantai. Lakukan selama 10-15 kali
    • Close-grip wall push up merupakan suatu gerakan push up yang dilakukan dengan cara berdiri di depan dinding
    • Bench dips dengan duduk di kursi yang tidak mudah bergeser. Pegang erat ujung depan dudukan kursi, majukan kaki beberapa centimeter untuk memudahkan Anda mengangkat bagian bawah tubuh dari kursi dan turunkan tubuh di depan kursi hingga lengan tertekuk sekitar 90 derajat di belakang dengan panggul-lutut sejajar. Angkat kembali tubuh keatas kursi, lakukan gerakan ini 10 - 15 kali
    • Triceps kickbacks. Lakukan gerakan berlutut dengan lutut kanan menyentuh lantai, condongkan tubuh ke depan. Angkat siku kiri ke belakang tubuh, jaga agar lengan tertekuk membentuk sudut 90 derajat. Luruskan siku kiri dan naikan lengan ke belakang tubuh sejauh mungkin. Tekuk siku untuk kembali ke posisi awal dan ulangi 10 sampai 15 kali. Kemudian, ganti menggunakan lutut kiri sebagai tumpuan dan ulangi gerakan ini dengan lengan kanan.

    Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati