Tanya Dokter

  • Penanganan keluar darah saat BAK

  •  Baidillah
    Anggota

    Selamat sore dokter, seperti biasanya tiap pagi saya selalu BAK. dan tiap hendak melakukan, saya sangat terbiasa mengurut alat kelamin saya agar (menurut saya) mengeluarkan BAK dengan lega. Kejadian pagi tadi membuat saya bingung dan panik hingga petang ini dok, karna bukan urin yang keluar, melainkan darah berwarna gelap, sekitar 3-5 tetes kira2, tapi hal itu baru pertama dan membuat saya panik.

    setelah saya ingat2 kronologinya, jadi keetika urin hendak keluar, posisi tangan saya sedang mengurut kelamin dari pangkal ke ujung, tanpa sengaja tangan menahan urin. Saat itu juga saya kesakitan dan beberapa detik kemudian keluarlah tetesan darah. Karna panik, saya langsung meminum air mineral 2 botol berukuran besar, dan urin tidaak jadi keluar. Sekitar 4 jam lewat barulah saya kencing dan terasa sangat sakit dibagian saluran urin. hingga sore tadi, saya kencing pun masih sakit ditempat yang sama.

    Mohon petunjuk penanganan dan resep obat yang harus saya konsumsi. Trims

    Halo, Adanya darah dalam urin disebut sebagai hematuria. Hematuri dapat berasal dari saluran kencing, kantung kemih, dan ginjal. Penyebab hematuri disertai rasa sakit paling sering disebabkan oleh infeksi saluran kencing atau bisa juga disebabkan karena adanya batu yang melewati saluran kencing sehingga menyebabkan luka dan rasa sakit. Selain kedua penyebab tersebut, penyebab yang mungkin terjadi antara lain peradangan saluran kencing, kelainan pada ginjal, serta penyebab yang lebih jarang adalah masalah pada kelenjar prostat. Karena masih banyak kemungkinan penyebab perdarahan pada kencing Anda, maka sebaiknya hal ini diperiksakan ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan lengkap dan kemungkinan perlu dilakukan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium darah, urin, serta USG pada perut. Setelah diagnosa Anda jelas, maka bisa ditentukan terapi yang tepat untuk Anda. Sementara, Anda dapat membantu menjaga fungsi saluran kencing dengan minum air putih 1,5 liter per hari, menghindari minuman energi, alkohol dan rokok, serta jaga makanan tetap sehat dan tubuh tetap aktif dengan berolahraga. Semoga membantu, terimakasih