Tanya Dokter

  • Cara menggemukan badan

  •  Rilce Bagio
    Anggota

    Hay dok .. Saya mau tanya .. caranya menggemukkan badan itu bagaimana? padahal saya sudah makan banyak, tapi tetap kurus, jadi bagaimana untuk menggemukkannya ? saya perlu saran dokter :) Terimakasih sebelumnya atas bantuaanya ya dok :)

    Hai Rilce, Jika anda merasa berat badan anda memang kurang dari normal, ada baiknya anda menghitung Indeks Massa Tubuh atau IMT sehingga anda dapat mengetahui secara pasti berat badan anda kurang, normal atau berlebih. Cara menghitung Indeks Massa Tubuh: IMT = Berat badan(kg) / Tinggi Badan (m2)

    • IMT 18,5              = di bawah normal
    • IMT 18,5-24,9    = Normal
    • IMT 25-29,9       = Pre obesitas
    • IMT >30              = Obesitas
    Jika anda sudah menghitung IMT anda dan ternyata hasil yang anda dapatkan adalah di bawah normal/underweigh maka hal yang sebaiknya anda lakukan adalah menaikkan berat badan anda. Usaha-usaha yang anda lakukan sebaiknya adalah hal-hal yang alami dan tidak dengan bahan- bahan kimia. Namun jika cara alami sangat sulit untuk menaikkan berat badan anda, anda dapat mengkombinsi dengan suplemen namun harus tetap pada dosis yang sudah ditentukan. Tips yang dpat anda lakukan untuk meningkatkan berat badan anda adalah:
    1. Pilihlah makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi. Hal ini tidak dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak atau kadar gula yang tinggi namun makanan yang mengandung vitamin, mineral dan nutrisi yang tepat. contohnya seperti buah-buahan, sayur-sayuran, tahu, tempe, dll
    2. Makanlah lebih sering dengan porsi yang cukup karena makan 5-6 kali dalam satu hari dengan porsi yang cukup lebih baik daripada anda makan 2-3 kali sehari namun dengan porsi yang banyak
    3. Mengkonsumsi jus/smoothies
    4. Mengkonsumsi camilan yang sehat seperti kurma, jagung rebus, kacang kedelai, dll
    5. Tambahkan kalori setiap anda makan
    6. Minum saat makan atau 30 menit sesudah makan dapat menghindari anda kenyang sebelum makanan anda habis dan dapat meningkatkan penyerapan kaori
    7. Lakukan olahraga secara rutin minimal 3 kali dalam satu minggu. Olahraga selain untuk melatih kekuatan dapat juga membantu membentuk otot anda. Selain itu olahraga juga dapat meningkatkan nafsu makan. Memadukan olahraga dengan konsumsi minuman atau susu tinggi protein juga dpat meningkatkan massa otot anda.
    8. Istirahat yang cukup minimal 8 jam dalam satu hari. Karena kualitas dan waktu tidur yang tidak baik dapat berpotensi untuk membuat metabolisme tubuh tidak bekerja dengan baik. Tidur dan bangun tepat waktu dapat meningkatkan berat badan.
    Jika peningkatan berat badan masih sangat sulit anda capai dengan tips diatas. Anda dapat mengkonsumsi suplemen yang dijual di pasaran seperti suplemen vitamin B dan suplemen seng. Namun untuk hasil yang lebih baik, anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi agar dapat menentukan program menaikkan berat badan bagi anda dan dapat ditentukan apakah anda membutuhkan suplemen atau tidak dan jika memang anda membutuhkan suplemen, maka dokter akan memberikan suplemen yang baik dengan dosis yang tepat. Anda dapat membaca artikel diskusi tentang menaikkan berat badan di bawah ini: Menambah berat badan Meningkatkan berat badan dan nafsu makan Terimakasih Semoga membantu dr.Yosephine U L Simanungkalit